Viral Temuan Hiu Saat Banjir Sentani, Peneliti LIPI Ungkap Spesiesnya

Kompas.com - 20/03/2019, 19:02 WIB
Hiu yang ditemukan warga saat beberapa hari lalu banjir bandang melanda Sentani, Papua. Warga percaya ini adalah hiu air tawar. Hiu yang ditemukan warga saat beberapa hari lalu banjir bandang melanda Sentani, Papua. Warga percaya ini adalah hiu air tawar.


KOMPAS.com - Setelah banjir bandang melanda wilayah Sentani, Papua, masyarakat dihebohkan dengan temuan bangkai hiu berukuran sekitar 30 sentimeter. Warga setempat dan beberapa kalangan meyakini itu adalah hiu air tawar.

Benarkah demikian?

Selvia Oktaviani selaku peneliti hiu dari Pusat Penelitian Oseanografi (P2O) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI) mengatakan, hiu yang ditemukan di Sentani sebenarnya adalah hiu karang sirip hitam.

Baca juga: DNA Hiu Putih Bisa Jadi Petunjuk Penting Pengobatan Kanker Manusia

"Jika dilihat dari ciri morfologinya, semua siripnya baik sirip punggung, sirip dada atau sirip ekor, semuanya ada warna kehitaman di ujungnya," kata Selvia dihubungi Kompas.com, Rabu (20/3/2019).

"Kalau dilihat dari ciri itu, dia mirip sama Blacktip reef shark atau yang biasa kita bilang hiu karang blacktip (sirip hitam) atau nama ilmiahnya Carcharhinus melanopterus," jelas Selvia.

Hiu karang sirip hitam tersebar di seluruh perairan Indonesia, dari Samudra Hindia sampai Samudra Pasifik.

Selvia menekankan, hiu yang ditemukan di Sentani bukan hiu air tawar seperti yang selama ini diberitakan.

"Di namanya saja ada kata reef ya, berarti memang hiu itu bukan jenis air tawar yang diberitakan orang-orang. Jadi dia itu memang spesies yang hidup di perairan laut," tegasnya.

Hiu karang sirip hitam (Carcharhinus melanopterus). Hiu karang sirip hitam (Carcharhinus melanopterus).

Lantas mengapa hiu itu muncul saat ada banjir bandang?

Menjawab pertanyaan ini, Selvia telah mendiskusikan hal tersebut dengan seniornya yang juga peneliti hiu dan pari dari LIPI, Fahmi.

Dari hasil diskusi, keduanya menduga kuat bahwa hiu itu merupakan peliharaan warga setempat.

"Memang jenis hiu itu merupakan jenis hiu hias yang kerap dimanfaatkan sebagai peliharaan di akuarium," ungkapnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X