Sudah Diobati Hingga Tuntas, Mungkinkah Penyakit Kelamin Bisa Kambuh?

Kompas.com - 16/03/2019, 16:05 WIB
Ilustrasi kondom Mukhina1Ilustrasi kondom

KOMPAS.com - Beberapa penyakit menular seksual seperti klamidia, gonore, sipilis, dan trikomoniasis dapat diobati dan disembuhkan dengan pemberian antibiotik. Meskipun sudah sembuh, beberapa orang sering kali masih takut akan terkena penyakit kelamin yang sama dua kali.

Namun, mungkinkah penyakit menular seksual kambuh lagi walaupun sudah diobati hingga tuntas sebelumnya?

Jawabannya adalah ya. Walaupun sudah diobati dan dinyatakan sembuh, Anda ternyata masih berisiko terkena penyakit kelamin yang sama.

Meski begitu, dilansir dari Very Well Health, hal ini tergantung dari jenis penyakit kelamin yang Anda alami sebelumnya.

Baca juga: Lebih dari 5.000 Anak di Inggris Kena Penyakit Kelamin

Bisa Kambuh

Ada beberapa jenis penyakit kelamin yang bisa terjadi berulang kali, contohnya klamidia, gonore, sipilis, bacterial vaginosis, dan trikomoniasis.

Sementara itu, jika Anda terkena penyakit HIV, herpes oral, atau herpes genital, biasanya penyakit ini akan terus menular seumur hidup.

Selain tergantung jenis penyakitnya, ada beberapa hal lain yang membuat Anda berisiko terkena penyakit kelamin yang sama meskipun sudah sembuh.

1. Minum obat yang salah 

Setiap penyakit kelamin disebabkan oleh patogen yang berbeda, sehingga pengobatannya juga berbeda. Antibiotik mungkin ampuh mengobati sipilis, tapi tidak untuk jenis penyakit kelamin yang lain.

2. Tidak menghabiskan obat

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X