Sudah Diobati Hingga Tuntas, Mungkinkah Penyakit Kelamin Bisa Kambuh?

Kompas.com - 16/03/2019, 16:05 WIB
Ilustrasi kondomMukhina1 Ilustrasi kondom

KOMPAS.com - Beberapa penyakit menular seksual seperti klamidia, gonore, sipilis, dan trikomoniasis dapat diobati dan disembuhkan dengan pemberian antibiotik. Meskipun sudah sembuh, beberapa orang sering kali masih takut akan terkena penyakit kelamin yang sama dua kali.

Namun, mungkinkah penyakit menular seksual kambuh lagi walaupun sudah diobati hingga tuntas sebelumnya?

Jawabannya adalah ya. Walaupun sudah diobati dan dinyatakan sembuh, Anda ternyata masih berisiko terkena penyakit kelamin yang sama.

Meski begitu, dilansir dari Very Well Health, hal ini tergantung dari jenis penyakit kelamin yang Anda alami sebelumnya.

Baca juga: Lebih dari 5.000 Anak di Inggris Kena Penyakit Kelamin

Bisa Kambuh

Ada beberapa jenis penyakit kelamin yang bisa terjadi berulang kali, contohnya klamidia, gonore, sipilis, bacterial vaginosis, dan trikomoniasis.

Sementara itu, jika Anda terkena penyakit HIV, herpes oral, atau herpes genital, biasanya penyakit ini akan terus menular seumur hidup.

Selain tergantung jenis penyakitnya, ada beberapa hal lain yang membuat Anda berisiko terkena penyakit kelamin yang sama meskipun sudah sembuh.

1. Minum obat yang salah 

Setiap penyakit kelamin disebabkan oleh patogen yang berbeda, sehingga pengobatannya juga berbeda. Antibiotik mungkin ampuh mengobati sipilis, tapi tidak untuk jenis penyakit kelamin yang lain.

2. Tidak menghabiskan obat

Menyisakan antibiotik yang seharusnya dihabiskan bisa membuat Anda terkena penyakit kelamin berulang dan susah sembuhnya.

3. Melakukan hubungan seks tidak aman

Berhubungan seks tanpa kondom, ditambah lagi dengan pasangan yang terinfeksi, meningkatkan risiko Anda terkena penyakit kelamin yang sama dua kali.

Cara Mencegah Penyakit Kelamin Kambuh

Bakteri dan parasit penyebab infeksi menular seksual sebetulnya relatif mudah diobati. Namun dengan catatan, Anda wajib mematuhi seluruh aturan yang disarankan oleh dokter.

Baca juga: 4 Penyakit Menular Seksual Super Baru yang Dikhawatirkan Para Ahli

Hal ini bertujuan supaya Anda dan pasangan bisa sembuh total dan tidak terkena penyakit kelamin yang sama untuk kesekian kalinya.

Berikut ini tips mencegah penyakit kelamin kambuh lagi:

1. Jalani pengobatan hingga tuntas

Baik itu, minum antibiotik atau pengobatan lainnya sebaiknya dilakukan hingga tuntas. Hal ini dapat membunuh bakteri penyebab infeksi menular seksual dalam tubuh dan mencegahnya kambuh lagi.

2. Tes penyakit kelamin untuk pasangan 

Pastikan Anda dan pasangan sama-sama menjalani tes penyakit kelamin. Jika hanya salah satu yang menjalani pemeriksaan, maka Anda atau pasangan berisiko terkena penyakit kelamin secara bergantian.

3. Tidak berhubungan seks dalam masa pengobatan 

Bila Anda tetap berhubungan intim dalam masa pengobatan, maka Anda berdua berisiko saling menulari penyakit kelamin satu sama lain.



Close Ads X