4 Penyakit Menular Seksual Super Baru yang Dikhawatirkan Para Ahli

Kompas.com - 07/02/2019, 19:34 WIB
IlustrasiIlustrasi Ilustrasi


KOMPAS.com - Penyakit baru muncul setiap waktu, demikian juga dengan infeksi penyakit seksual menular.

Berikut empat bakteri yang dapat menjadi ancaman serius bagi kesehatan masyarakat.

Baca juga: Pakai Kondom, Cegah Penyakit Menular dan Sehatkan Miss V

1. Neisseria meningitidis

Neisseria meningitidis, sering kali disebut sebagai meningococcus. Penyakit ini dapat menyebabkan meningitis, infeksi otak dan selaput pelindung syaraf tulang belakang yang dapat mematikan.

Pada umumnya, hal ini dipandang menjadi penyebab infeksi urogenital.

Sebuah kajian tahun 1970-an menggambarkan bagaimana simpanse jantan terkena infeksi urethra setelah memindahkan bakteri dari hidung dan tenggorokan ke penisnya lewat auto-fellatio.

"Binatang ini sering kali melakukan kontak antara alat kelamin dan mulut sendiri," kata penulisnya.

Sekitar lima sampai sepuluh persen orang dewasa membawa Neisseria meningitidis di bagian belakang hidung dan tenggorokan.

Sejumlah kajian mengisyaratkan, penyakit ini dapat ditularkan ke pasangan lewat seks oral, ciuman intim atau bentuk lain kontak intim yang menularkan titik kecil infeksi.

Para peneliti tidak yakin jenis jalur penularan yang menyebabkan wabah bentuk serbuan penyakit di antara pria gay dan biseksual di Eropa, Kanada, dan Amerika Serikat.

Meskipun demikian, sebuah kajian urethritis yang disebabkan Neisseria meningitidis pada kelompok pria yang terpisah (semuanya, kecuali satu orang, adalah heteroseksual) mengisyaratkan mereka mendapatkannya saat menerima seks oral.

Para ilmuwan yakin jenis yang terjadi di sejumlah kota AS pada tahun 2015 memiliki DNA lewat rekombinasi genetik dengan kerabat dekatnya, Neisseria gonorrhoeae, penyebab gonore.

Mutasi ini memungkinkan infeksi penularan seksual yang menyebar dengan lebih efisien.

Halaman:



Close Ads X