Arsip Berisi 30 Juta Halaman Pengetahuan Manusia Meluncur ke Bulan

Kompas.com - 04/03/2019, 20:07 WIB
Lunar Library Bruce Ha / Arch Mission FoundationLunar Library

KOMPAS.com - Pada saat ini, sebuah arsip berisi 30 juta halaman pengetahuan manusia sedang meluncur ke bulan bersama wahana antariksa Israel, Beresheet.

Disebut Lunar Library (Perpustakaan Bulan), arsip tersebut dikirimkan sebagai "cadangan peradaban" kita.

Ia membawa seluruh halaman Wikipedia berbasa Inggris yang bobotnya mencapai 200 gigabytes, puluhan ribu buku fiksi dan nonfiksi, satu koleksi lengkap buku pelajaran dan panduan untuk 5.000 bahasa yang ada di Bumi.

Nova Spivack, salah satu pendiri Arch Mission Foundation yang merupakan organisasi nonprofit asal Amerika Serikat yang meluncurkan Lunar Library, mengatakan, salah satu tantangan evolusioner utama yang kita hadapi adalah amnesia mengenai kesalahan kita di masa lalu, dan kurangnya pencegahan aktif agar hal itu tidak terulang.

Baca juga: Dengarkan Suara Piringan Emas yang Dikirim oleh Bumi ke Antariksa

"Demi keselamatan spesies kita, kita perlu menemukan cara untuk meningkatkan kesadaran tentang apa yang berhasil dan tidak berhasil, dan kita harus memastikan bahwa hal itu sampai ke orang-orang masa depan," ujarnya seperti dilansir dari NBC News.

Oleh sebab itulah, Arch Mission Foundation tidak merancang arsip dalam bentuk buku, melainkan 25 disk berbahan nikel dengan ketebalan 1/600 inci yang dapat ditumpuk.

Arsip ini diperkirakan bisa bertahan selama 6 miliar tahun. Spivack menjelaskan bahwa bahan nikel memiliki ketahanan yang sangat luar biasa pada harga yang terjangkau. Arch Mission Foundation juga dirancang dengan lapisan pelindung dan insulasi agar dapat bertahan pada panas bulan yang 10 kali lipat.

Lalu kalau pun di masa depan tidak ada pemutar DVD, mereka tetap akan dapat mengakses isinya berkat ukiran pada bagian atas Lunar Library yang menjelaskan linguistik manusia, dan instruksi untuk membukanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber NBC News

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X