Misterius, Paus Bungkuk 11 Meter Terdampar di Hutan Amazon

Kompas.com - 26/02/2019, 18:33 WIB
Paus bungkuk terdampar di hutan Amazon Paus bungkuk terdampar di hutan Amazon

KOMPAS.com - Pakar margasatwa Brasil dibuat kebingungan setelah menemukan bangkai paus bungkuk di hutan hujan Amazon. Mamalia berbobot 10 ton itu ditemukan di semak belukar Pulau Marajo yang terletak di mulut Sungai Amazon.

Para pejabat dari departemen kesehatan, sanitasi, dan lingkungan negara bagian tersebut mengatakan bahwa mereka menemukan paus itu setelah mengikuti burung pemangsa.

Bangkai paus sepanjang 11 meter itu berada di bagian terpencil rawa bakau di delta Amazon.

Kelompok konservasi spesialis kelautan Bicho D'agua Institute yang turut dalam tim pemeriksa paus memperkirakan hewan ini telah mati beberapa hari sebelum ditemukan.

Baca juga: Ribuan Penguin Betina Terdampar Jauh dari Habitat, Sebagian Mati Lapar

Namun, yang paling menjadi misteri dari penemuan bangkai paus tersebut adalah cara mamalia itu terdampar di Amazon.

"Kami masih tidak yakin bagaimana ia mendarat di sini, tapi kami menduga makhluk itu mengambang dekat ke pantai dan air pasang yang cukup besar selama beberapa hari terakhir melemparkannya ke daratan, ke dalam rawa bakau," ujar Renata Emin, pemimpin Bicho D'agua Institute dikutip dari The Independent, Senin (25/02/2019).

"Bersamaan dengan hal yang menakjubkan ini, kami bingung tentang apa yang dilakukan paus bungkuk di pantai utara Brasil selama Februari karena ini adalah kejadian yang sangat tidak biasa," imbuhnya.

Paus bungkuk umumnya terlihat jauh ke selatan di Pantai Baiha Brasil antara bulan Agustus hingga November. Meski begitu, mereka sangat jarang melakukan perjalanan ribuan kilometer ke utara, ke arah mulut hutan Amazon.

Emin memperkirakan paus tersebut adalah anakan yang terpisah dari induknya. Mamalia laut itu kemudian mengalami stres hingga mengonsumsi terlalu banyak plastik.

"Ini bukan hewan dewasa, tidak sebesar yang terlihat dalam gambar," tulis kelompok konservasi tersebut dalam unggahannya di Instagram dilansir dari Fox News, Senin (25/02/2019).

Untuk studi lebih lanjut, para peneliti mulai mengambil sampel dari bangkai tersebut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X