Kompas.com - 26/02/2019, 17:35 WIB
Ilustrasi tanaman padi di ladang. SHUTTERSTOCKIlustrasi tanaman padi di ladang.

KOMPAS.com - Masa depan persediaan pangan "sangat terancam" sebab jumlah hewan dan spesies tanaman lenyap dengan cepat, kata laporan PBB hari Jumat (22/02/2019). Padahal, dunia terus bergelut pada permasalahan bagaimana memberi makan penduduk yang terus bertambah.

Organisasi Pangan Dunia (FAO) mengatakan, manusia bergantung pada spesies yang semakin berkurang untuk pangan. Ini membuat sistem produksi pangan rentan pada guncangan seperti pes atau penyakit, kemarau, serta peristiwa ekstrem lain terkait cuaca akibat perubahan iklim.

Walaupun ada sekitar 6 ribu spesies tumbuhan yang dapat digunakan untuk pangan, kurang dari 200 yang umumnya dimakan. Bahkan, hanya 9 spesies saja yang menghasilkan sebagian besar jumlah pangan dunia, kata FAO dalam laporan pertama sejenis dalam mengkaji biodiversitas sistem pangan.