Demi Cari Alien, Peneliti NASA Bikin Struktur Mirip DNA

Kompas.com - 25/02/2019, 20:06 WIB
DNA digitalgeneticsDNA

KOMPAS.com - Para ilmuwan yang mendapat pendanaan dari Badan Antariksa AS ( NASA) baru-baru ini mengembangkan sebuah struktur mirip DNA. Struktur ini disebut bisa menyimpan dan mengirim informasi.

Nantinya, Struktur tersebut diarahkan sebagai cara-cara baru untuk menemukan kehidupan alien.

Penemuan ini dianggap sebagai trobosan alternatif untuk mencari kehidupan berbasis DNA yang sangat berbeda dengan di Bumi.

Para ahli NASA menyebut kemungkinan kehidupan di dunia lain dibangun menggunakan sistem molekuler berbeda dari jenis yang dikembangkan para peneliti di laboratorium.

Baca juga: Ahli Identifikasi Spesies Hiu yang Gigit Kaki Bocah Lewat DNA

Meski begitu, para peneliti menegaskan, sistem molekuler yang mereka buat akan memungkinkan para ilmuwan mencari kehidupan di tempat lain di alam semesta.

Bukan rahasia lagi, DNA merupakan molekul kompleks yang memungkinkan informasi genetik disimpan dan ditransmisikan. Informasi ini diteruskan dari induk ke anak pada setiap makhluk hidup di Bumi.

Inilah yang memungkinkan kehidupan di Bumi tumbuh dan berkembang.

DNA terdiri dari empat bahan berbeda yang disebut sebagai nukleotida. Keempat bahan tersebut adalah adenin, sitosin, guanin, dan timin.

Tapi, bisa jadi bahannya akan berbeda di tempat lain di alam semesta.

Dengan struktur yang dibuat para peneliti, para ilmuwan NASA mulai mengembangkan cara dan simulasi bagaimana cara mendeteksinya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X