Kompas.com - 18/02/2019, 00:07 WIB
Calon Presiden Nomor Urut 1, Joko Widodo menyampaikan gagasannya saat Debat Kedua Calon Presiden, Pemilihan Umum 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOCalon Presiden Nomor Urut 1, Joko Widodo menyampaikan gagasannya saat Debat Kedua Calon Presiden, Pemilihan Umum 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

KOMPAS.com - Dalam debat kedua yang digelar Minggu (17/2/2018), kedua capres menyampaikan pencapaian dan janji jika menjadi presiden terpilih 2019 - 2024. Berdasarkan rangkuman Kompas.com, ada sejumlah janji yang disampaikan Jokowi.

Koneksi Broadband Indonesia Timur Selesai

Jokowi berjanji bahwa Indonesia dalam waktu dekat akan menjadi negara dengan konektivitas data terbaik. Jokowi mengatakan,  "Kita telah bangun yang namanya Palapa Ring. Ini adalah tersambungnya backbone dengan broadband yang berkecepatan tinggi."

Jokowi mengatakan, wilayah Indonesia timuir pada 2019 akan terkoneksi.

"Di Indonesia bagian barat telah seratus persen kita selesaikan. Di Indonesia bagian tengah seratus persen kita selesaikan. Indonesia bagian timur telah selesai sembilan puluh persen dan akan kita selesaikan pada tahun ini," katanya.

Perkembangan Digital Indonesia Bakal Makin Matang

Jokowi berjanji memicu kemajuan digital, terutama dalam membangun bisnis startup dan skala kecil. Salah satu yang hendak dibangunnya adalah perekopnomian petani.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Perlunya petani dikenalkan pada yang namanya marketplace sehingga mereka bisa berjualan secara online sehingga hubungan antara petani dengan konsumen ini semakin dekat," katanya.

"Menyiapkan juga usaha-usaha kecil, usaha-usaha mikro, usaha supermikro untuk tahu bagaimana mereka bisa memanfaatkan online sistem ini, sehingga membangun ekosistem offline dan membangun ekosistem online sangat diperlukan dalam waktu yang sangat cepat," imbuhnya.

Jokowi bercita-cita menyiapkan Indonesia di era industri 4.0.

Baca juga: Dua Klaim Lingkungan Jokowi dalam Debat Capres yang Bikin Blunder

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.