[HOAKS] Ramalan Gempa Megathrust di Mentawai Akhir Februari

Kompas.com - 15/02/2019, 14:38 WIB
Informasi tentang adanya gempa megathrust akhir Februari 2019 adalah Hoaks atau kabar bohong. Informasi tentang adanya gempa megathrust akhir Februari 2019 adalah Hoaks atau kabar bohong.


KOMPAS.com - Belakangan beredar kabar akan terjadi gempa megathrust Mentawai akhir Februari 2019 nanti. Menanggapi informasi tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dengan tegas menyebut bahwa itu kabar bohong atau hoaks.

Daryono, Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG mengatakan bahwa ramalan gempa yang dimuat sejumlah media belum dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

"Apalagi konsep pemicu gempa akibat benda luar angkasa. Hal itu hingga saat ini masih bersifat spekulatif dan belum terbukti secara empirik," kata Daryono melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Jumat (15/2/2019).

Berkaitan dengan beredarnya informasi tersebut, Daryono mengimbau kepada seluruh masyrakat untuk semakin  dewasa dan belajar dari kasus-kasus ramalan gempa sebelumnya.

Baca juga: Samudra Hindia Selatan Jawa Diguncang Gempa 2 Kali, Kita Layak Waspada

Seperti yang sudah berlalu, ramalan gempa semcam ini tidak ada satu pun yang terbukti dan dapat dijelaskan secara ilmiah.

"Jadi jangan mudah percaya ramalan gempa," pesan Daryono.

Selain itu, BMKG tidak pernah mengeluarkan informasi prediksi gempa di masa datang.

"Sehingga jika berkembang berita adanya prediksi atau ramalan gempa dengan kekuatan sekian dan akan terjadi di waktu dan tempat maka itu dipastikan adalah berita bohong, masyarakat tidak layak mempercayainya," tandasnya.

Untuk diketahui, hingga saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi gempa bumi dengan tepat dan akurat kapan, di mana, dan berapa kekuatannya. Tidak di Indonesia maupun negara lain di dunia.

Sumber gempa di Indonesia

Sumber gempa di Indonesia sangat banyak. Segmentasi megathrust di Indonesia ada lebih dari 16 lokasi, keberadaan sesar aktif lebih dari 295 lokasi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X