Video Ini Ungkap Cara Kepiting Berganti Cangkang

Kompas.com - 12/02/2019, 18:33 WIB
ilustrasi kepiting laba-laba Jepang ilustrasi kepiting laba-laba Jepang

KOMPAS.com - Pernahkah Anda membayangkan bagaimana seekor kepiting tumbuh? Ya, mereka berganti cangkang dalam periode waktu tertentu.

Menyaksikan pergantian cangkang kepiting tentu sesuatu yang sangat langka dan tidak terjadi setiap hari. Namun, pihak Sea World San Diego justru beruntung berhasil mengabadikan proses tersebut.

Pihak Sea World kemudian membagikan video tersebut melalui akun Facebook mereka pada minggu lalu. Dalam video berdurasi 24 detik itu terlihat seekor kepiting yang membuka kulit terluarnya dan keluar dari cangkangnya.

Kepiting tersebut diketahui adalah spesies Macrocheira kaempfrei atau juga dikenal sebagai kepiting laba-laba Jepang.

Baca juga: Hentikan Polusi Plastik, Ahli Buat Alternatif dari Pohon dan Cangkang

Melansir dari Live Science, Senin (11/02/2019), proses pergantian cangkang semacam ini merupakan hal yang wajar.

Lembaga Kelautan dan Atmosfer AS (NOAA) menjelaskan, kepiting tidak dapat tumbuh secara linear seperti manusia atau makhluk berkulit lunak lainnya. Sebagai gantinya, mereka secara berkala akan keluar dari cangkang mereka ketika mengalami lonjakan pertumbuhan sebelum menetap di cangkang baru.

Agar bisa melakukannya, kepiting mengeluarkan enzim yang memisahkan bagian dalam tubuhnya dari cangkang keras. Ia kemudian membuat cangkang baru yang "setipis kertas" di bawahnya.

Proses itu bisa memakan waktu hingga berminggu-minggu. Ketika cangkang baru yang tipis sudah siap, mereka akan menyerap air laut untuk memberi ruang di cangkang keras mereka.

Cangkang lama akan terbuka dan memudahkan kepiting keluar dari sana.

Segera setelah keluar dari cangkang lamanya, cangkang baru kepiting akan menebal dan mengeras untuk melindungi tubuh mereka.




Close Ads X