Kompas.com - 31/01/2019, 12:24 WIB
Ilustrasi David Doubilet/National Geographic CreativeIlustrasi

SYDNEY, KOMPAS.com - Sebuah universitas di Australia sedang menguji bahan baru yang dirancang untuk mengurangi dampak gigitan hiu, para peneliti mengatakan, Selasa (29/01/2019).

Dilaporkan kantor berita AFP, proyek itu bertujuan mengurangi kematian akibat serangan hiu dan mengurangi kekhawatiran para penyelam.

Para peneliti dari Universitas Flinders di Adelaide menerima dana pemerintah untuk menguji bahan neoprene terhadap kekuatan gigitan dari beberapa spesies hiu, termasuk hiu putih raksasa. Neoprene adalah sejenis karet sintetik yang digunakan untuk membuat baju selam.

Bahan baru tersebut bertujuan untuk menghindari robekan dan tusukan dari serangan hiu dan membantu korban mengurangi insiden kehilangan darah. Universitas Flinders enggan mengungkap pemasok bahan neoprene baru tersebut.

Baca juga: Kisah Nyata dari Pasifik, Paus Lindungi Penyelam dari Serangan Hiu

"Kami menyadari bahan itu tidak akan mencegah semua cedera karena tidak bisa mencegah cedera patah tulang atau tulang yang hancur," kata Profesor Charlie Huveneers kepada AFP.

"Namun, sebagian besar kematian akibat gigitan hiu adalah karena kehilangan darah. Dan kemampuan mengurangi kehilangan darah dengan respon gawat darutat yang cepat, diharapkan bisa mengurangi kematian dan cedera akibat gigitan hiu," imbuhnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski ada puluhan juta kunjungan ke pantai di Australia setiap tahun, serangan hiu sangat jarang terjadi. Tapi setiap insiden memicu debat publik mengenai keamanan pantai.

Ada 27 insiden serangan hiu di perairan Australia tahun lalu, menurut data yang dikumpulkan oleh Kebun Binatan Taronga di Sydney.

Insiden tersebut termasuk satu insiden fatal di tujuan wisata popular, Kepulauan Whitsunday, dekat terumbu karang Great Barrier Reef.

"Meski risiko serangan hiu sangat kecil, banyak orang masih khawatir tentang hiu," kata Huveneers menambahkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.