2019 Dibuka dengan Angin Kencang dan Gelombang Tinggi di Indonesia

Kompas.com - 31/12/2018, 22:43 WIB
Ilustrasi hujan KOMPAS/IWAN SETIAWANIlustrasi hujan


KOMPAS.com - Apakah Anda merasakan angin kencang beberapa hari belakangan? Hal itu sebenarnya juga dirasakan sebagian besar wilayah Indonesia.

Menurut keterangan resmi yang dikeluarkan BMKG Senin (31/12/2018), hari ini sekitar pukul 7.00 WIB teridentifikasi adanya peningkatan tekanan udara di daratan Asia.

Selain itu terpantau juga bibit siklon di sebelah utara Indonesia yakni 97W tepatnya di Laut China Selatan.

"BMKG juga mengidentifikasi adanya bibit siklon tropis 95P di Teluk Carpentaria Australia (sebelah selatan Papua) dan 96S di samudera Hindia (sebelah selatan Jawa)," tulis Mulyono R. Prabowo, Deputi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) Bidang Meteorologi.

Baca juga: BMKG Rilis Jumlah Gempa Selama 2018, Begini Tanggapan Para Ahli

Lewat keterangan resminya, Mulyono menjelaskan bahwa dari ketiga bibit siklon yang ada di sekitar Indonesia, bibit siklon 95P yang berada di Teluk Carpentaria memiliki kecepatan angin maksimum 25 knots di pusatnya dan bibit siklon 97W yang berada di Laut China Selatan memiliki kecepatan angin maksimum 20 knots di pusatnya.

"Keduanya berpotensi tinggi menjadi siklon tropis dalam 24 sampai 48 jam ke depan," sambungnya.

Hal tersebut menyebabkan pergerakan massa udara dari Asia menuju Indonesia menguat dan membuat kecepatan angin meningkat, muncul gelombang laut tinggi, dan potensi hujan di beberapa wilayah Indonesia.

Angin kencang

Dihubungi Kompas.com, Minggu (31/12/2018), Mulyono mengatakan bahwa angin kencang yang melanda sebagian wilayah Indonesia kecepatannya 20 sampai 25 knots.

"Satu knots itu kurang lebih 1,5 kilometer/jam. Jadi bisa dikatakan dari kisaran 30 sampai 40 kilometer/jam. Ini yang kita rasakan, tentunya tidak semua wilayah mengalami hal yang sama," ujar Mulyono.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X