Kompas.com - 29/12/2018, 18:02 WIB

DEPOK, KOMPAS.com – Ketika kita mendengar kata lalat, yang terpintas dalam kepala kita adalah serangga kecil yang membawa banyak penyakit.

Namun, hal ini tidak berlaku untuk lalat tentara hitam (Hermetia illucens). Serangga ini seakan menjadi lawan dari lalat hijau yang membawa banyak penyakit.

Lalat yang hanya hidup di wilayah tropis ini dikenal sebagai serangga yang bersih tidak seperti lalat lainnya.

"Secara teknis ia tidak akan hinggap di tempat kotor seperti sampah. Kalau lalat lain ia hinggap tepat di sampah dan menempatkan telur di sana juga," ujar Aminudi CEO dari Biomagg Indonesia.

"Kalau ia hanya hinggap di sekitar sampah untuk meletakkan telurnya tapi tempatnya tetap harus bersih yang bersih dan kering. Nanti setelah menetas ia akan makanan sampah di sekitarnya,"  imbuh Aminudi.

Baca juga: Tidak Selalu Buruk, Lalat Bisa Jadi Solusi Pengolahan Sampah

Secara morfologi tubuh pun lalat ini berbeda dengan lalat lainnya. Pasalnya, lalat tentara hitam diketahui tidak memiliki mulut.

Artinya, selama fase hidupnya sebagai lalat, serangga ini tidak makan. Ia hanya mengecap saja.

Ini berbeda dengan lalat yang lain yang memiliki mulut untuk memakan sampah. Kebiasaan makan sampah inilah yang menyebabkan kebanyakan lalat menjadi sumber penyakit.

Selain dari perilakunya, desain morfologi tubuh juga membuat lalat ini memang terkenal akan serangga yang bersih.

Selama para peneliti mengamati serangga ini, mereka menemukan bahwa larva atau maggotnya bisa mengurangi bakteri jahat yang ada di sampah, di antaranya salmonella dan E. coli penyebab diare.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.