Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/12/2018, 20:37 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Hari Jumat (28/12/2018) Indonesia diguncang tiga gempa bumi. Ketiga gempa bumi tersebut terjadi di wilayah Palu, Manokwari Selatan, dan Kendari.

Palu

Gempa di Palu terjadi pukul 09.29 WIB dengan magnitudo 3. LIndu ini dirasakan warga Palu dalam skala intensitas II.

Pusat gempa berada di darat, 3 km barat Palu. Kedalaman gempa tercatat 11 km.

Manokwari Selatan

Lindu kedua terjadi di Kabupaten Manokwari Selatan pukul 10.03 WIB. Dalam rilis BMKG yang diterima Kompas.com, lindu ini berjenis gempa tektonik.

Baca juga: Gempa Hari Ini: Guncang Lombok dan Mamasa

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M 6,0.

"Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,58 LS dan 134,12 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 11 km arah selatan Kota Manokwari, Kabupaten Manokwari Selatan, Propinsi Papua Barat pada kedalaman 50 km (update)," tulis Daryono, Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar Yapen," imbuhnya.

Daryono juga menjelaskan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dibangkitkan oleh sesar mendatar (strike slip fault).

Dampak gempabumi berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG) dan informasi dirasakan menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Manokwari IV MMI, Ransiki III- IV MMI, Bintuni II-III MMI, Wasior II - III MMI, dan Sorong II MMI

Menurut Daryono, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami," tegasnya.

"Hingga pukul 10.18 WIB, Hasil monitoring BMKG ada aktivitas gempabumi susulan (aftershock) sebanyak 2 kali," tambahnya.

Kendari

Indonesia merasakan gempa bumi ketiga kalinya hari ini pukul 11.22 WIB. Guncangan terjadi di Kendari dengan kekuatan M 3,2.

Wilayah yang terdampak adalah Kendari dan Sawa. Pusat gempa ini berada di laut, 23,1 km timur laut Kendari pada kedalaman 9 km.

Baca juga: Gempa Hari Ini: 5 Kali Guncang Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com