Kompas.com - 28/12/2018, 13:43 WIB

KOMPAS.com - Para ilmuwan Australia mengatakan, kumbang Natal adalah salah satu serangga yang perlahan hilang dan belum diketahui alasannya, meski populasi hewan ini berbeda di tiap negara bagian Australia.

Tanya Latty, ahli entomologi dari University of Sydney, mengatakan banyak warga Australia yang kini mencari keberadaan kumbang Natal.

"Apa yang kami tahu, setidaknya secara anekdot banyak orang berkata 'ketika saya masih kecil, ada kumbang Natal di mana-mana dan sekarang Anda jarang melihatnya'," kata Dr Latty.

"Dan itu tampaknya konsisten, yang memang merupakan bukti cukup baik bahwa mungkin ada sesuatu yang terjadi, bahwa populasi mereka bisa menurun," sambungnya.

Baca juga: Terjebak di Batu Ambar 99 Juta Tahun, Kumbang Ini Ungkap Kisah Prasejarah

Ada sekitar 35 spesies kumbang Natal di seluruh Australia, dengan sebagian besar muncul antara pertengahan November dan akhir Desember ketika larva menetas.

Dr Latty mengatakan bahwa mungkin ada banyak alasan orang tidak melihat kumbang ini sebanyak itu. Hilangnya habitat diduga menjadi penyebab utama.

"Kumbang Natal memiliki siklus hidup di mana larva memakan hal-hal seperti rumput dan kepompong dewasa memakan daun pohon karet matang," kata Dr Latty.

"Jika Anda mulai kehilangan banyak dari area berhutan, yang kami pikir merupakan habitat sebagian besar kumbang Natal untuk berkembang, maka Anda mulai melihat penurunan," imbuhnya.

Ahli entomologi Universitas Macquarie, Chris Reid, mengatakan perubahan iklim bisa menjadi faktor penyebabnya.

"Cuaca musim semi yang lebih kering sebenarnya bisa menunda munculnya kumbang dewasa dari tahap kepompong, jadi alih-alih keluar sebagai kumbang dewasa - kumbang Natal ramah yang kita kenal, si pupa - sebaliknya (mereka) bertahan di tahap kepompong untuk musim lain dan ini mengarah ke jumlah kumbang dewasa yang lebih sedikit yang bisa kita lihat dan ketahui," kata Dr Reid.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.