Kompas.com - 26/12/2018, 19:19 WIB
Tangkapan layar video astronot belajar berjalan Tangkapan layar video astronot belajar berjalan

KOMPAS.com - Seorang astronot NASA baru-baru ini membagikan pengalamannya belajar berjalan kembali setelah menghabiskan waktu lama di luar angkasa.

Astronot bernama A. J (Drew) Feustel itu baru saja kembali ke Bumi dari misi uji coba lapangan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Feustel yang menghabiskan 197 hari di ISS kini harus kembali beradaptasi dengan gravitasi Bumi.

Menghabiskan waktu yang lama di luar angkasa bukan tanpa "bayaran". Setelah mengalami nol gravitasi dalam jangka waktu lama membuat tugas sederhana seperti berjalan menjadi sulit bagi Feustel.

Dalam video berdurasi 25 detik itu, Feustel tampak sangat rapuh dalam perjuangannya berjalan. Padahal, dia hanya berjalan dalam jarak pendek.

Baca juga: 50 Tahun Lalu, Astronot NASA Kirim Hadiah Natal Abadi dari Bulan

Di samping kanan dan kiri bersiap beberapa orang yang menjaganya agar tidak terjatuh. Beberapa orang lain terlihar sibuk merekam dan memberikan perintah atas yang dilakukan Feustel.

Uniknya lagi, Feustel bahkan kesulitan untuk berjalan lurus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika membagikan videonya, Feustel memberikan keterangan "Selamat datang di rumah #SoyuzMS09! Pada 5 Oktober beginilah penampakan saya berjalan menggunakan tumit dalam mata tertutup setelah 197 hari di @Space_Station selama eksperimen uji coba... Saya berharap kru yang baru kembali merasa jauh lebih baik. Kredit video @IndiraFeustel."

Melansir dari Indian Express, Rabu (26/12/2018), Badan Antariksa AS (NASA) Komandan Ekspedisi 56 Drew Feustel dan Insinyur Penerbangan Ricky Arnold menyelesaikan spacewalk keenam di ISS tahun ini.

Ketika video ini viral, banyak warganet yang berharap bahwa para astronot bisa lebih cepat pulih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.