Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Ahli Kecewa Leonardo DiCaprio Ingin Beli Fosil Dinosaurus

Kompas.com - 18/12/2018, 17:48 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com — Dalam pemberitaan Page Six di New York Post awal bulan ini, Leonardo DiCaprio dikabarkan menyatakan minat pada potongan tulang dinosaurus senilai 2,5 juta dollar AS atau setara dengan Rp 36,4 miliar. Rumor ini mendapat berbagai tanggapan dari para ahli paleontologi dunia.

"(Jika rumor itu benar, pembelian ini akan) sangat mengecewakan," ungkap Thomas Carss, ahli paleontologi vertebrta di Carthage College, Winconsin dikutip dari Live Science, Jumat (14/12/2018).

"(Fosil dinosaurus) tidak boleh dilelang sama sekali—fosil adalah data, dan itu satu-satunya cara kita memahami sejarah kehidupan di planet ini," sambung Carr.

Untuk itu, Carr menyebut bahwa seharusnya fosil dimasukkan dalam koleksi museum dan didedikasikan untuk ilmu pengetahuan.

Baca juga: Spesies Baru Kumbang di Kalimantan Dinamai Leonardo DiCaprio

Dalam pemberitaan itu, DiCaprio dikabarkan sedang mengamati spesimen induk dan bayi Allosaurus di Art Miami dalam pameran berjudul DeXtinction.

Namun, dalam laporan tersebut juga, salah seorang teman DiCaprio membantah bahwa pemenang Oscar itu melihat fosil ketika di Miami. Hingga saat ini belum ada tanggapan dari DiCaprio terkait berita tersebut.

Terlepas dari rumor itu benar atau tidak, Carr menegaskan bahwa mengakuisisi fosil dinosaurus sebagai koleksi pribadi sangat tidak etis. Alasannya adalah para ilmuwan menjadi tidak memiliki akses pada fosil yang telah menjadi koleksi pribadi.

Selain itu, jika ada ilmuwan yang memiliki akses untuk penelitian fosil pribadi,  tidak ada peneliti lain yang bisa menguji ulang studi tersebut.

Carr mencontohkan dirinya yang melakukan studi tentang pertumbuhan Tyrannosaurus rex. Penelitian tersebut didasarkan pada 45 spesimen T.rex yang tersedia umum.

Padahal, menurut perhitungan terbaru Carr, ada 31 spesimen fosil T. rex yang merupakan koleksi pribadi.

"Jika spesimen milik pribadi tiba-tiba dimasukkan ke dalam koleksi museum, ukuran sampel saya akan melonjak menjadi 76," ujar Carr.

"Untuk membuat keadaan lebih buruk, spesimen pribadi berupa fosil yang berusia remaja, yang merupakan bagian dari tahap pertumbuhan T.rex yang sangat kurang dikenal, akan tetap menjadi misteri (bagian pertumbuhan remaja) jika spesimen itu tetap berada di tangan swasta," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com