Kompas.com - 02/05/2018, 12:10 WIB
Spesies baru kumbang air dinamai Leonardo DiCaprio Spesies baru kumbang air dinamai Leonardo DiCaprio

KOMPAS.com - Para peneliti baru saja menemukan spesies baru kumbang air dan memberinya nama Leonardo DiCaprio.

Penamaan ini terinspirasi dari upaya aktor Hollywood itu dalam menjaga lingkungan.

Kumbang air yang ditemukan di pulau Kalimantan bagian Malaysia tersebut dinamai Grouvellinus leonardodicaprioi. Selain DiCaprio, nama kumbang ini juga terinspirasi dari Antoine Henri Grouvelle, seorang ahli kumbang Perancis.

Kumbang ini ditemukan pada perjalanan lapangan yang dilakukan oleh Expeditions Taxon, sebuah kelompok yang berbasis di Belanda.

Baca juga: Kisah Ambrosia, Kumbang-Kumbang Unik yang Cinta Alkohol

Mereka mengatur ekspedisi ke daerah-daerah terpencil untuk orang yang tertarik pada alam dan sains serta mambantu orang tersebut membuat penemuan ilmiah.

Penemuan kumbang ini kemudian dipublikasikan dalam jurnal Zookeys. Dalam laporannya, para peneliti juga menyebut ada dua kumbang lain yang ditemukan.

Kedua kumbang tersebut kemudian diberi nama G. andrekuipersi dan G. questi. Nama tersebut terinspirasi dari astronot Belanda yang bernama Andre Kuipers dan majalah sains Populer, Quest.

Penemuan tiga kumbang tersebut dipimpin oleh entomolog Dr Hendrik Freitag dan ahli biologi gua Dr Iva Njunjic.

"Kumbang baru ini mungkin tidak memenangkan Oscar dalam hal karisma, tetapi dalam konservasi keanekaragaman hayati, setiap makhluk sama berharganya," ungkap Njunjic dikutip dari Forbes, Senin (30/04/2018).

Menurut Njunjic, kumbang kecil yang belum pernah diketahui itu penting bagi kehidupan alam.

"Dalam kasus ini, kami tidak menyebutkan kumbang tersebut mirip seperti Leonardo DiCaprio," katanya dikutip dari The Guardian, Senin (30/04/2018).