Jaya pada 1900-an, Manisnya Industri Gula Yogyakarta Kini Tak Bersisa

Kompas.com - 10/12/2018, 20:06 WIB
Pameran Foto Jogja Yang Hilang di Bentara Budaya Yogyakarta Pameran Foto Jogja Yang Hilang di Bentara Budaya Yogyakarta

KOMPAS.com - Yogyakarta hari ini bisa jadi lebih dikenal dengan industri pariwisatanya. Namun dahulu, sebelum titel itu disematkan, Yogyakarta merupakan salah satu pusat industri gula di tanah Jawa.

Di wilayah inilah, sekitar tahun 1900-an, manisnya gula pernah menjadi penggerak perekonomian Yogyakarta. Secara total, pernah ada 19 pabrik gula yang beroperasi di Yogyakarta.

Beberapa pabrik gula tersebut adalah Pabrik Gula Sewugalur, Pabrik Gula Pundong, Pabrik Gula Randugunting, Pabrik Gula Medari, Pabrik Gula Berbah, Pabrik Gula Kedaton-Pleret, Pabrik Gula Padokan, Pabrik Gula Demakijo, Pabrik Gula Rewulu dan beberapa lainnya.

Baca juga: Andong dan Becak, Sebuah Refleksi Sistem Transportasi di Yogyakarta

Kejayaan masa lalu Yogyakarta inilah yang ingin ditampilkan kembali dalam pameran foto berjudul Suikerkultuur: Jogja Yang Hilang.

Pameran yang berlangsung di Bentara Budaya Yogyakarta pada 4-12 Desember 2018 ini menyuguhkan foto-foto lama pabrik-pabrik gula tersebut. Beberapa foto juga disandingkan dengan kondisi saat ini.

Kurator Bentara Budaya Yogyakarta, Hermanu, mengaku ide pameran tersebut terinspirasi dari buku tua berjudul Twentieth Century Impressions of Netherlands India terbitan tahun 1902 yang memuat foto-foto pabrik gula di Yogyakarta.

"Ada dorongan kuat untuk memamerkan foto-foto lama itu, sebagai bentuk apresiasi bahwa Yogyakarta pernah memiliki pabrik gula yang menghidupi masyarakat sekitar," tulisnya dalam pengantar pameran.

Ya, masyarakarat dan generasi muda mungkin tak sempat mengetahui keberadaan pabrik tersebut, bahkan bisa jadi belum pernah mendengar namanya sama sekali.

Wajar, sebab bangunan beserta mesin-mesin produksi pabrik gula nyaris musnah tanpa bekas. Beberapa yang tersisa pun kini sudah beralih fungsinya, seperti misalnya Pabrik Gula Berbah yang menjadi hanggar pesawat untuk Museum Dirgantara.

Baca juga: Cerita Karut Marutnya Yogyakarta di Awal Era Kemerdekaan

Menurut catatan Komunitas Roemah Toea, komunitas yang tertarik dengan bangunan tua bersejarah, dari 19 pabrik gula yang pernah berproduksi di Yogyakarta, hanya tiga bekas pabrik saja yang fisiknya masih bisa dikenali. Selebihnya hampir tak berjejak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X