Kompas.com - 06/12/2018, 20:38 WIB
Gempa bumi bermagnitudo 5.7 mengguncang wilayah Nusa Tenggara Barat, Kamis (6/12/2018) pagi. dok BMKGGempa bumi bermagnitudo 5.7 mengguncang wilayah Nusa Tenggara Barat, Kamis (6/12/2018) pagi.

KOMPAS.com - Kamis (06/12/2018), Indonesia kembali merasakan gempa bumi berkekuatan cukup besar. Gempa tersebut berasal dari wilayah Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Lindu dengan magnitudo 5,7 tersebut terjadi pukul 08.02 WIB. Wilayah terdampak gempa di antaranya adalah Lombok Utara, Lombok Barat, Mataram, Lombok Tengah, Lombok Timur, Denpasar, Jimbaran, Tabanan, Sumbawa, Nusa Dua, Karangasem, Kuta, hingga Singaraja.

Dengan kata lain, guncangan ini dirasakan hingga pulau Bali meski dalam skala intensitas rendah.

Titik pusat gempa kali ini berada di darat. Tepatnya 23 km arah barat laut Mataram pada kedalaman 10 km.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Baca juga: Gempa Hari Ini: 4 Lindu Kembali Sambangi Mamasa

Selain lindu di Mataram, gempa bumi juga mengguncang Mamasa, Sulawesi Barat. Guncangan pukul 15.56 WIB tadi bermagitudo 3,6.

Episenter gempa juga berada di darat, 8 km barat laut Mamasa. Hiposenter gempa berada pada kedalaman 10 km.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X