Gambar Jari Tangan di Gua Purba Tak Lengkap, Bukti Praktik Amputasi?

Kompas.com - 04/12/2018, 18:33 WIB
Bhakti Satrio Wicaksono,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Karya seni pada gua purba telah menunjukkan banyak hal kepada kita. Mulai dari kemampuan artistik manusia Neandertal sampai bagaimana manusia purba menguasai astronomi.

Tapi sebuah penelitian baru tentang lukisan gua purba menyajikan cerita yang lebih mengerikan, yaitu lukisan jari yang dimutilasi.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Paleolithic Archaeology, melihat mengapa banyak lukisan tangan dari era paleolitikum akhir tampak tidak utuh pada jarinya.

Berbagai lukisan menggambarkan tangan yang kehilangan satu atau dua jari. Sebagai contoh, di Grotte de Gargas, Perancis berisikan 231 gambar tangan, dan 114 di antaranya tidak memiliki lima jari.

Sementara itu, Gua Cosquer, yang juga di Perancis, menggambarkan 49 tangan, 28 di,antara gambar tersebut jarinya tidak lengkap.

Alasan dibalik tidak lengkapnya jari pada lukisan tangan di gua purba masih menjadi misteri.

Mungkinkah mereka sengaja melipat jari atau kondisi tersebut disebabkan oleh radang dingin? Ada juga kemungkian bahwa hal tersebut merupakan bahasa isyarat?