Percantik Kota, Ini Fakta Pohon Tabebuya di Surabaya

Kompas.com - 02/12/2018, 18:33 WIB
Pohon Tabebuya bermekaran di sejumlah jalan utama protokol Kota Surabaya Dok. Pemkot SurabayaPohon Tabebuya bermekaran di sejumlah jalan utama protokol Kota Surabaya

KOMPAS.com - Mekarnya pohon tabebuya di Surabaya menarik perhatian publik beberapa hari terakhir. Pasalnya, penampakan dari bunga pohon ini dianggap mirip dengan bunga sakura di Jepang.

Meski mirip dengan bunga sakura dari negeri matahari terbit, pohon ini bukan berasal dari negara itu.

Tanaman tabebuya (genus Tabebuia spp.) merupakan anggota family Bignoniaceae yang seluruh spesiesnya asli dari kawasan tropis benua Amerika.

"Dari data yang tercatat di database Herbarium Kew-Inggris, genus Tabebuia terdiri dari sekitar 76 nama spesies yang diterima," ujar Destario Metusala, ahli taksonomi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

"Tanaman tabebuya (genus Tabebuia spp.) memiliki habitus umumnya berbentuk pohon dan sebagian lain berbentuk semak besar," sambung Rio, sapaan akrabnya melalui email, Sabtu (01/12/2018).

Baca juga: Pohon Kehidupan Berusia Ribuan Tahun Mati Secara Massal, Ada Apa?

Rio juga menjelaskan bahwa tanaman ini memiliki tipe buah kering yang akan pecah saat masak. Buah tersebut nantinya akan menghasilkan banyak biji bersayap berbentuk pipih yang mudah diterbangkan angin.

Sifat tersebut membuat biji tanaman ini bisa menjangkau area yang lebih jauh.

"Beberapa spesies Tabebuia yang sering menjadi tanaman hias adalah Tabebuia aurea (bunga kuning), T. rosea (bunga pink), dan T. pallida (bunga putih hingga putih semburat pink)," tutur Rio.

Dalam beberapa pemberitaan, tanaman tabebuya berbunga kuning yang mekar semarak di Surabaya disebut-sebut adalah Tabebuia chrysotricha.

Ketika ditanya mengenai spesies ini, Rio mengaku belum melihat secara langsung tanaman yang menjadi perbincangan publik itu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X