Kompas.com - 02/12/2018, 17:00 WIB
Seekor singa dikeroyok 20 hyena Seekor singa dikeroyok 20 hyena

KOMPAS.com - Kehidupan di alam liar memang tak pernah bisa diduga. Seperti diabadikan dalam video yang diunggah oleh BBC Earth baru-baru ini.

Video tersebut menampilkan seekor singa jantan yang harus berhadapan dengan sekitar 20 hyena.

Singa jantan yang dinamai Red itu tampaknya tanpa sadar menjelajah ke wilayah hyena. Di sana, Red mungkin ingin menunjukkan dominasinya pada para hyena.

"Awalnya ia mencoba menunjukkan seberapa dominan dirinya dengan mengejar hyena individu," ungkap Simon Blakeney, produser Lion dikutip dari BBC Earth, Senin (26/11/2018).

"Tetapi saat ia selesai dengan kesombongannya, ia dikelilingi oleh 20 atau 30 hyena dan tidak dapat melarikan diri," sambung Blakeney.

Baca juga: Dilecehkan, Seekor Singa Betina Bunuh Suaminya Sendiri

Pertarungan terjadi selama beberapa waktu. Saat Red mengeram dan menyerang salah satu di antara hyena itu.

Sayangnya, saat Red menyerang, anggota hyena lainnya menyerangnya dari belakang.

"Setiap kali ia menyerang salah satu hyena yang mendekat, yang lain akan menyerangnya dari belakang. Ia kalah jumlah, dan terperangkap dalam situasi hidup dan mati," ujar Blakeney.

Pada satu ketika, Red terlihat kelelahan. Beruntung, saat masa kritis itu, datang penolong bagi Red.

Penolong itu adalah Tatu, singa jantan lainnya. Bersama-sama, mereka menangkis serangan dan mengusir kelompok hyena itu.

Hyena dan singa diketahui memiliki pola makan yang sama. Keduanya sering memburu mangsa yang sama, saling mencuri makanan, serta berkelahi satu sama lain.

"Singa jantan memiliki ukuran dua kali lipat dari hyena dengan berat tiga hingga empat kali lipatnya, serta dengan satu serangan kaki tunggal saja singa bisa membunuh hyena dewasa," tulis Proyek Hyena di Kawah Ngorongoro dikutip dari Fox News, Minggu (01/12/2018).

"Oleh karena itu, hyena berhati-hati ketika bertemu dengan singa dewasa untuk alasan yang baik," imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Fox News,BBC

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.