Kompas.com - 26/11/2018, 19:00 WIB
Tak hanya menghisap darah, nyamuk meninggalkan air liur yang pengaruhi sistem imun tubuh live scienceTak hanya menghisap darah, nyamuk meninggalkan air liur yang pengaruhi sistem imun tubuh

KOMPAS.com - Sejumlah ahli Australia berhasil menemukan gen di dalam nyamuk yang mengarahkan mereka untuk menggigit seseorang lebih banyak dibandingkan dengan yang lain. Meski begitu ahli belum tahu mengapa nyamuk memiliki preferensi seperti itu.

Lembaga penelitian medis QIMR Berghofer telah bekerja dengan puluhan ilmuwan dari seluruh dunia untuk memetakan urutan genom nyamuk Aedes aegypti.

Sebagaimana diuraikan baru-baru ini di jurnal Nature, para ahli mengklaim telah memiliki gambaran lengkap tentang gen nyamuk, yang menularkan Demam Dengue dan virus Zika. Dua penyakit yang menyebabkan jutaan orang di seluruh dunia meninggal setiap tahunnya.