Misteri Tubuh Manusia, Kenapa Pria Punya Payudara dan Puting?

Kompas.com - 16/11/2018, 20:02 WIB
Ilustrasi pria kekar Julianna NazarevskaIlustrasi pria kekar


KOMPAS.com — Salah satu pertanyaan kuno yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu yakni mengapa laki-laki juga memiliki payudara dan puting?

Pertanyaan ini telah dijawab para antropolog sejak ratusan tahun lalu. Menurut mereka, payudara yang dimiliki laki-laki maupun perempuan berkembang sejak janin belum memiliki jenis kelamin.

Mungkin akan ada banyak pria yang benci saat membaca ini: awalnya janin semua manusia berjenis kelamin perempuan.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia, Alasan Payudara Kiri Lebih Besar daripada Kanan

Diwartakan Live Science (6/6/2008), semua manusia berasal dari sebiji sel embrio yang kemudian dengan cepat berkembang menjadi berbagai bagian tubuh.

Pada usia kehamilan lima minggu, embrio sudah sebesar biji jeruk dan tabung saraf terbentuk. Tabung saraf merupakan tempat otak dan sumsum tulang belakang yang akhirnya menjadi tulang belakang.

Kemudian pada usia kehamilan enam minggu, garis-garis mata, lengan, kaki, dan wajah mulai terbentuk. Pada saat ini, janin juga mulai mengambil perlengkapan biologis untuk gendernya.

Jika janin memiliki kromosom Y, testosteron akan mengubah kuncup organ seksual menjadi testis. Kemudian testis akan memompa lebih banyak testosteron, dan voila muncullah penis.

Sementara itu, janin perempuan tidak terpengaruh oleh testosteron sehingga mereka tetap menggunakan blueprint sebelumnya sehingga membutuhkan ovarium dan vagina.

Namun, menariknya, sebelum testosteron bekerja, setiap embrio sudah memiliki payudara dan puting. Jadi, puting dan payudara ada terlebih dahulu sebelum sel-sel berkembang menjadi organ laki-laki.

Dengan kata lain, pria memiliki payudara dan puting karena mereka sudah memilikinya sebelum menjadi laki-laki.

Namun, mengapa manusia tidak berevolusi untuk menghapus ciri khas perempuan yang tampaknya tidak ada gunanya, seperti payudara dan puting laki-laki?

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X