Kompas.com - 30/10/2018, 19:03 WIB
Botol aqua dari bahan plastik daur ulang. Shierine Wangsa WibawaBotol aqua dari bahan plastik daur ulang.

KOMPAS.com - Bertepatan dengan digelarnya Our Ocean Conference ke-5 di Nusa Dua, Bali, Danone memperkenalkan botol baru Aqua yang 100 persen terbuat dari recycled PET (rPET) atau plastik PET daur ulang.

Artinya, botol ini dibuat sepenuhnya dari botol bekas dan tidak menggunakan tambahan plastik sama sekali.

"Ini adalah botol yang 100 persen rPET pertama di Indonesia dan ketiga di dunia. (Botol ini) dibuat tanpa biji plastik baru sama sekali," ujar Corine Tap, President DIrector PT Tirta Investama (Danone-Aqua) pada Senin (29/10/2018).

Selain terbuat dari plastik daur ulang, tidak adanya label plastik dan desain yang minimalis juga membuat botol ini dapat didaur ulang 100 persen, peningkatan dua persen dari kemasan-kemasan sebelumnya.

Kenapa baru sekarang?

Dalam wawancara pada Selasa (30/10/2018), Karyanto Wibowo, Director of Sustainable Development untuk Danone Aqua, berkata bahwa yang menjadi tantangan pertama adalah teknologi.

Daur ulang atau recycling, diakui oleh Karyanto, memang bukan hal baru di Indonesia. Namun, selama ini daur ulang bersifat downgrade, misalnya dari botol ke produk non makanan atau minuman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karena itu, keamanan pangan menjadi perhatian utama bagi Danone Aqua ketika menggunakan plastik daur ulang untuk membuat botol baru.

Baca juga: Produk Makanan Sumbang Limbah Plastik Terbanyak di Laut Indonesia

Untuk memenuhi standar kualitas yang ditetapkan oleh BPOM, SNI, FDA, dan European Standard; perusahaan ini pun menghabiskan waktu yang cukup lama untuk mengadopsi teknologi dari Eropa dan membangun kemampuan industri lokal.

"Kita sih bisa saja kalau mau impor rPET dari negara lain, tetapi menurut saya itu bukan approach yang pas karena ya kita mengimpor materi daur ulang dari negara lain untuk dipakai di sini dan kemasannya kemudian berakhir di sini. Menurut saya, lebih baik kita mengembangkan teknologi dari Indonesia untuk Indonesia," katanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.