Kompas.com - 30/10/2018, 17:46 WIB
Pangeran Charles SkynewsPangeran Charles

KOMPAS.com - Pangeran Charles tidak bisa hadir secara langsung di Our Ocean Conference ke-5 di Nusa Dua, Bali. Namun, dia menyempatkan diri untuk merekam sebuah video yang diputar pada Senin (29/10/2018).

Dalam video tersebut, Pangeran Charles mengutip laporan terbaru oleh Intergovernmental Panel on CLimate CHange (IPCC) yang menyatakan bahwa peningkatan suhu Bumi 1,5-2 derajat celcius saja tetap menyebabkan perubahan mengerikan pada ekosistem planet, terutama laut, dalam waktu dekat.

"Ini sangat mengerikan, bagaimana laporan yang sangat jelas dalam prediksinya dan tidak dapat dibantah lagi ini sering diabaikan. Kita mengira bila peringatan keras macam ini akan menyebabkan perubahan besar yang dibutuhkan," ujarnya.

Charles berkata bahwa manusia sangat membutuhkan lautan, tidak hanya untuk transportasi dan makanan, tetapi juga sebagai penyerap karbon terbesar di dunia.

"Hubungan kita dengan lautan ada di percabangan jalan. Apakah kita akan melanjutkan jalan kita dan terus merusak, atau melakukan perubahan besar dan memprioritaskan perlindungan lautan," katanya.

Dia mengakui bahwa dengan banyaknya konferensi seperti OOC kali ini, telah muncul banyak inisiatif kelautan. Namun, apakah akan ada aksi substansial yang mengikutinya masih menjadi pertanyaan.

Baca juga: Kabar Buruk, Manusia Telah Terinfeksi Plastik! Tinja Menunjukkannya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada kesempatan tersebut, Charles pun mengusulkan tiga langkah yang dapat dilakukan untuk melindungi lautan. Ini usulannya

Akhiri perikanan ilegal

"Perikanan ilegal tidak punya tempat di lautan kita, di pelabuhan kita dan di perjanjian kita. Zat-zat berbahaya hanya menguntungkan sedikit dan merugikan banyak," katanya.
Dia pun secara spesifik menyinggung World Trade untuk bertranformasi demi lautan global.

Memperluas kawasan konservasi lautan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.