Kompas.com - 23/10/2018, 17:31 WIB
Ilustrasi jendela DragonImagesIlustrasi jendela


KOMPAS.com - Membuka jendela setiap hari adalah cara sederhana untuk menjaga kesehatan.

Dalam temuan terbaru, ahli menemukan bahwa sinar matahari yang masuk melalui jendela dapat membunuh bakteri yang hidup dalam debu.

Menurut ahli dari Universitas Oregon, kamar gelap dengan jendela yang tak pernah dibuka mengandung 12 persen bakteri hidup yang bisa bereproduksi.

Angka tersebut dua kali lipat lebih banyak dibanding 6,8 persen yang terpapar sinar matahari dan 6,1 persen yang terpapar sinar ultraviolet.

Baca juga: Alergi Debu Tak Akan Hilang Seumur Hidup

"Manusia menghabiskan sebagian besar waktu di dalam ruangan, di mana ada paparan partikel debu yang membawa berbagai bakteri, termasuk patogen yang bisa membuat sakit," kata penulis utama studi Dr Ashkaan Fahimipour dilansir Telegraph, Kamis (18/10/2018).

"Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana bangunan yang kita tinggali memengaruhi ekosistem debu dan bagaimana hal ini dapat memengaruhi kesehatan kita."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Eksperimen

Para ahli membuat 11 kamar miniatur identik yang berada di bawah pengawasan iklim yang diawasi secara ketat, semuanya menirukan bangunan asli. Miniatur itu kemudian ditaburi dengan debu yang dikumpulkan dari rumah warga.

Setelah bangunan miniatur ditaburi debu, mereka memasang kaca pada satu dari tiga jendela, sehingga memungkinkan cahaya yang terlihat, ultraviolet atau tidak ada cahaya sama sekali.

Setelah 90 hari, para ahli mengumpulkan debu dari masing-masing miniatur dan menganalisis komposisi, jumlah bakteri, dan kelangsungan hidup bakteri.

Halaman:


Sumber Telegraph
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.