Kompas.com - 22/10/2018, 18:01 WIB


KOMPAS.com - Seorang pria 42 tahun asal Arab Saudi didiagnosis dengan penyakit limfoma non-Hodgkin, kanker yang dimulai dalam limfosit atau salah satu jenis sel darah putih.

Dalam lima bulan setelah diagnosis awal, ia telah melakukan empat kali kemoterapi. Tapi anehnya, setelah itu kuku jarinya berubah warna menjadi cokelat dan muncul garis putih horisontal yang melintang di tengah kuku.

Dalam laporan kasus yang terbit di The New England Journal of Medicine, Rabu (17/10/2018), perubahan warna pada kuku disebabkan oleh kondisi yang disebut melanonychia.

Baca juga: Penemuan yang Mengubah Dunia: Kemoterapi, Dulu Senjata Perang Dunia I

Kondisi ini terjadi saat kuku memiliki melanin berlebih, pigmen hitam atau cokelat gelap yang mewarnai rambut, kulit, dan iris mata.

Sementara itu, garis putih yang melintang horisontal sebenarnya ada dua jenis.

Garis-garis buram atau disebut garis Mees dapat muncul karena matriks kuku (bagian dari jaringan yang terletak di bawah bagian putih pangkal kuku, tempat kuku baru tumbuh) terluka.

Kemudian, garis yang tembus cahaya atau disebut garis Muehrcke muncul karena adanya perubahan pada pembuluh darah di kuku.

Saat kita menekan kuku, garis Muehrcke bisa menghilang. Tapi kalau garis Mees akan tetap ada.

"Garis-garis ini tidak umum, tapi tidak langka," ujar Dr Marc Glashofer, seorang dermatolog di The Dermatology Group di New Jersey yang tidak terlibat dalam penelitian, dilansir Live Science, Kamis (18/10/2018).

Glashofer menambahkan, perawatan kemoterapi memang dapat menyebabkan perubahan pada kulit, rambut, dan kuku.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.