5 Hal Mengejutkan yang Tak Disangka Bisa Dilakukan Kecerdasan Buatan

Kompas.com - 17/10/2018, 08:40 WIB
Ilustasi ktsimageIlustasi

KOMPAS.com - Stephen Hawking pernah menyebut jika penciptaan kecerdasan buatan (AI) menjadi sejarah terbesar umat manusia. Kecerdasan buatan ini setidaknya bisa meringankan pekerjaan manusia.

Tapi dibalik kemudahan yang diberikan oleh AI, ada berbagai perdebatan serta pertanyaan yang mencuat. Soal apakah kecerdasan buatan ini nantinya akan lebih pintar dari manusia, apakah mereka juga bisa menggantikan peran manusia, termasuk juga ketakutan jika akhirnya kecerdasan buatan menjadi tak terkontrol lagi.

Meski begitu, manusia hingga saat ini masih terus melakukan riset mengenai kecerdasan buatan untuk diterapkan di masa depan. Lalu hal apa saja yang bisa dilakukan oleh kecerdasan buatan ini, kompas.com merangkumnya untuk Anda.

Bantu Temukan Planet Layak Huni

Pada acara European Week of Astronomy and Space Science di Liverpool awal tahun ini, peneliti dari Plymouth University di Inggris mengungkapkan jika mereka sedang mengembangkan kecerdasan buatan.

Nantinya kecerdasan buatan berupa jaringan saraf tiruan (ANN) ini akan bisa memprediksi kemungkinan adanya planet yang memiliki kehidupan. ANN dapat memprediksi jumlah planet berpenghuni dalam jumlah yang banyak. Hal ini tentunya menghemat waktu serta mempercepat kerja para ilmuwan.

Bisa Bikin Cerita Horor

Shelley adalah kecerdasan buatan yang diciptakan untuk bisa menulis cerita horor. Shelley yang dihidupkan di MIT Media Lab ini mendapatkan kemampuan menulis cerita horor setelah mempelajari lebih dari 140.000 cerita horor yang dimuat di forum NoSleep di Reddit.