Kompas.com - 16/10/2018, 09:30 WIB
- science alert-

KOMPAS.com - Meski telah meninggal dunia tujuh bulan lalu, pemikiran Stephen Hawking tetap diperhitungkan oleh banyak pihak.

Di antara banyak pemikiran, salah satunya mencoba menjawab pertanyaan besar dunia: akankah kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) lebih pintar dibanding manusia?

Menurut Hawking, memang sangat menggoda untuk mengabaikan bahwa AI bisa sangat cerdas. Baginya, berpikir bahwa mesin bisa sangat pintar hanya sebuah fiksi ilmiah dapat menjadi potensi kesalahan terburuk.

"Ketika AI menjadi lebih baik dibanding manusia dalam mendesain AI, sehingga bisa memperbaiki diri sendiri tanpa bantuan manusia, kita mungkin menghadapi ledakan kecerdasan yang pada akhirnya menghasilkan mesin lebih pintar daripada manusia," ungkap Hawking dikutip dari thetimes.co.uk, Minggu (14/10/2018).

"Ketika itu terjadi, kita perlu memastikan bahwa komputer memiliki tujuan yang selaras dengan kita," imbuhnya.

Punya Banyak Manfaat

Hawking juga melihat AI yang lebih pintar dibanding manusia memiliki banyak manfaat. Misalnya saja AI sebagai cara untuk menghilangkan penyakit dan menghapus kemiskinan.

"Kita tidak dapat memprediksi apa yang mungkin dicapai ketika kecerdasan ini didorong oleh alat yang disediakan AI," tulis Hawking.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Lubang Hitam hingga Tuhan, Inilah Deretan Pemikiran Stephen Hawking

Bagi Hawking penciptaan AI akan menjadi sejarah terbesar umar manusia. Tapi dia juga mengingatkan bahwa hal ini bisa menjadi inovasi terakhir manusia kecuali kita bisa menghindari risikonya.

"Sementara bentuk primitif AI yang dikembangkan sejauh ini terbukti sangat berguna, saya takut ada konsekuensi dari menciptakan sesuatu yang bisa menyamai atau melampaui manusia," ucap Hawking.

Ketakutan tersebut, menurut Hawking, karena manusia dibatasi oleh evolusi biologis yang lambat. Lambatnya evolusi ini diperkirakan bisa membuat manusia tidak dapat bersaing dan dengan mudah digantikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber The Times
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.