Kompas.com - 12/10/2018, 19:07 WIB

KOMPAS.com – Jika berbicara mengenai cuaca di Jakarta dan Jawa akhir-akhir ini, hampir semua warga media sosial meyakini bahwa Oktober ini panas sekali.

Padahal, seperti yang dikatakan dari pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, (BMKG) Hary Djatmiko, kepada Kompas.com via sambungan telepon pada Selasa (9/10/2018), suhu kota-kota di Jawa saat ini berkisar antara 34-37,5 derajat celcius.

Kisaran suhu itu, bila dilansir dari penjelasan singkat bagian Humas BMKG pada Selasa (9/10/2018), masih dalam kisaran normal suhu maksimum yang pernah terjadi berdasarkan data klimatologis 30 tahun.

Akan tetapi, Hary pun mengakui bahwa yang disampaikan oleh BMKG adalah suhu standar dan real berdasarkan pengukuran alat tanpa dipengaruhi oleh faktor sekitar.

Baca juga: Merasa Jakarta dan se-Jawa Panas? Jangan Heran, Ini yang Terjadi

“(Sedangkan) feels like (terasa seperti) sudah dipengaruhi oleh kondisi sekitar, seperti aktivitas kendaraan bermotor dan lain-lain sehingga pengukurannya bisa lebih tinggi,” ujarnya.

Dengan kata lain, walaupun hasil pengukuran BMKG menunjukkan angka 34-37,5 derajat celcius, suhu yang Anda rasakan bisa lebih tinggi atau lebih rendah.

Pakar meteorologi dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Drs. Zadrach Ledoufij Dupe M.Si., yang dihubungi oleh Kompas.com via sambungan telepon pada hari Jumat (12/10/2018) berkata bahwa hal ini berkaitan dengan indeks kenyamanan yang merupakan gabungan dari beberapa faktor meteorologi, seperti suhu dan kelembapan.

“Kalau temperatur tinggi dan kelembapan tinggi, kita merasa gerah atau panas, sangat tidak nyaman. Tapi kalau temperatur tinggi dan kelembapan rendah, kita merasa biasa-biasa saja. Tubuh kita bisa beradaptasi dengan baik,” ujarnya.

Pada saat ini, kondisi cuaca Jawa adalah bersuhu tinggi, tetapi kelembapannya rendah. Akibatnya, banyak orang merasa haus, mudah berkeringat, dan rentan terbakar matahari.

Baca juga: Waspada, 4 Tahun Mendatang Suhu Bumi akan Lebih Panas

Kelembapan rendah

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.