Kompas.com - 07/10/2018, 20:22 WIB
Elang bondol (Haliastur indus) yang menjadi maskot dalam ajang Asian Para Games 2018. Elang bondol (Haliastur indus) yang menjadi maskot dalam ajang Asian Para Games 2018.

KOMPAS.com - Pesta olahraga untuk orang dengan disabilitas atau Asian Para Games sudah berlangsung sejak kemarin hingga 13 Oktober nanti. Maskot yang dipilih untuk Asian Para Games 2018 adalah elang bondol (Haliastur indus) bernama Momo.

Dalam penjelasan website resmi Asian Para Games 2018, sedikit dijelaskan bahwa elang bondol adalah spesies yang tinggal di pulau seribu dan sangat mudah dikenali karena memiliki bulu putih yang menutup kepala sampai leher dan punggung berwarna cokelat kemerahan. Spesies ini juga disebut terancam punah.

Berbicara lebih lanjut tentang elang bondol, Dewi Malia Prawiradilaga peneliti burung dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengatakan bahwa warna bulu yang dimiliki elang bondol adalah ciri khasnya.

"Hanya elang bondol yang memiliki warna bulu cokelat kemerahan," kata Dewi dihubungi Kompas.com, Minggu (7/10/2018).