Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elang "Osprey" Terlihat Berburu Mangsa di Danau Limboto

Kompas.com - 13/11/2016, 23:00 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com – Seekor elang tiram atau Osprey (Pandion haliaetus) terlihat terbang mencari mangsa di Danau Limboto wilayah Dembe 1, Kota Gorontalo.

Elang ini berhasil didokumentasikan oleh Ronald Abbas, fotografer satwa liar Gorontalo yang melakukan pengamatan burung pada Sabtu.

"Saya perhatikan Osprey yang sendirian ini bertengger di batang bambu sambil mengamati bagian bawahnya yang berair," kata Ronald Abbas, Minggu (13/11/2016).

Merasa mendapatkan obyek foto yang belum pernah ditemuinya, Ronald Abbas lalu mengikuti terbangnya pemangsa ini dengan perahu. Ia berhasil mendapatkan foto-foto menarik berbagai pose.

Yang menarik, elang ini berada di pinggiran danau. Padahal biasanya burung pemangsa berada di tengah danau. Uniknya lagi dari elang ini, meskipun ukurannya besar mencapai 60 cm, kemampuan menyelam dalam air saat mencari makan berupa ikan sangat gesit.

Osprey tersebar luas di seluruh dunia, mudah dikenali dengan tanda bulu di sekitar mata yang mirip topeng warna gelap. Bulu bagian belakangnya berwarna coklat gelap sedang bagian bawah tubuh putih dari dada sampai perut. Bentangan sayapnya lebar dan ekor relatif pendek.

"Osprey memiliki daerah sebarannya sangat luas, tapi jarang terlihat di Gorontalo," kata Iwan Hunowu, Sulawesi Program Manager, Wildlife Conservation Society (WCS).

Iwan Hunowu menjelaskan keberadaan Osprey di Danau Limboto belum banyak diketahui. Penampakannya baru dua kali teramati melalui foto meskipun wilayah ini intensif dikunjungi pengamat burung.

"Elang tiram sudah masuk daftar CITES Appendix II, ia belum termasuk daftar jenis terancam punah, tapi dia berpotensi terancam punah jika perdagangan terus berlanjut tanpa ada pengaturan. Jenis ini ada 4 ras dan beberapa di antaranya terancam karena kehilangan habitat," lanjut Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com