Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolak-balik Ditolak, Pemenang Nobel Ini Akhirnya Punya Laman Wikipedia

Kompas.com - 04/10/2018, 18:07 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Pemenang Nobel Fisika 2018, Donna Strickland, akhirnya memiliki laman Wikipedia-nya sendiri.

Kisah pembuatan laman Wikipedia Strickland ini menjadi menarik karena pengajuannya telah berkali-kali ditolak oleh ensiklopedia online gratis itu karena dianggap kurang terkenal.

Bahkan pada Mei 2018 ini, pengajuan laman Strickland ditolak karena dianggap gagal “menunjukkan pencakupan yang signifikan mengenai subyek tersebut”.

Seperti dilaporkan oleh Quartz, nama Strickland juga hanya disebut sekali dalam situs itu di laman Gerard Mourou, seorang fisikawan Perancis yang bekerjasama dengan Strickland untuk penemuan di bidang laser yang belakangan menghantarkan keduanya menjadi pemenang Nobel Fisika 2018.

Baca juga: Bermain Cahaya, 3 Ilmuwan Menangkan Penghargaan Nobel Fisika 2018

Usai kemenangan itu, barulah Strickland mendapatkan laman Wikipedianya sendiri yang mendeskripsikannya sebagai “fisikawan, akademisi, dan pemenang Nobel asal Kanada yang merupakan pionir di bidang laser”.

Kemenangan Strickland sendiri memiliki makna yang lebih besar dari sekadar laman Wikipedia. Dia merupakan wanita ketiga yang memenangkan Nobel Fisika dalam sejarah, setelah Marie Curie pada 1903 dan Maria Goeppert-Mayer pada 1963 atau 55 tahun yang lalu.

Pada konferensi pers-nya, Strickland terkejut ketika mendengar bahwa dia merupakan wanita ketiga yang memenangkan Nobel Fisika. “Cuma (tiga) saja? Aku kira ada lebih banyak lagi,” ujarnya.

Dia melanjutkan, kita perlu merayakan para fisikawan wanita karena ada banyak jumlah kami di dunia ini. Semoga pada waktunya, ini akan mengalami kemajuan dengan cepat.

Strickland kini merupakan seorang associate professor bidang fisika di University of Waterloo, Kanada. Banyak orang berpendapat bahwa posisi akademiknya tidak cukup menunjukkan betapa penting hasil karyanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com