Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bermain Cahaya, 3 Ilmuwan Menangkan Penghargaan Nobel Fisika 2018

Kompas.com - 02/10/2018, 20:18 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Penghargaan Nobel Fisika 2018 akhirnya sudah diberikan kepada tiga ilmuwan dari tiga negara pada hari Selasa (2/10/2018).

Ketiga ilmuwan yang beruntung tersebut adalah Arthur Ashkin dari Amerika Serikat, Gérard Mourou dari Perancis dan Donna Strickland dari Kanada yang berhasil menggunakan cahaya untuk membuat alat-alat miniatur.

Dr Ashkin menciptakan “pencapit optik” yang menggunakan tekanan dari cahaya laser untuk memegang obyek berukuran mikroskopis. Penemuan ini membuat para peneliti bisa mengontrol gerakan benda-benda super kecil, seperti virus dan mikroba.

Sementara itu, Dr Strickland dan Dr Mourou menciptakan sebuah metode yang dapat menghasilkan denyut laser ultrapendek berintensitas tinggi yang disebut sebagai chirped pulse amplification (CPA). Temuan mereka ini memiliki aplikasi yang sangat luas, seperti penggunaanya dalam operasi mata dan produksi barang.

Baca juga: Bukti Ramalan Einstein Seabad Lalu Raih Nobel Fisika 2017

Menariknya, pencapit optik yang memenangkan penghargaan ini dikerjakan oleh Dr Ashkin ketika dia masih bekerja di Bell Laboratories New Jersey, yakni antara tahun 1960-an hingga 1980-an.

Temuan Strickland dan Mourou juga terjadi pada tahun 1980-an ketika mereka masih berada di University of Rochester.

Kini, Dr Mourou adalah profesor di Ecole Polytechnique, Perancis dan Dr Strickland adalah associate professor di University of Waterloo, Kanada.

Dr Strickland sendiri juga menjadi buah bibir karena dia merupakan wanita ketiga dalam sejarah yang memenangkan penghargaan Nobel Fisika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com