Kompas.com - 01/10/2018, 21:27 WIB
Citra satelit menunjukkan perbedaan lanskap Sulteng sebelum dan sesudah gempa Donggala Citra satelit menunjukkan perbedaan lanskap Sulteng sebelum dan sesudah gempa Donggala

KOMPAS.com - Gempa Donggala dan tsunami di Palu yang terjadi Jumat (28/09/2018) lalu menimbulkan sejumlah kerusakan. Ratusan bangunan luluh lantak dan rata dengan tanah.

Untuk memperjelas gambaran yang terjadi di Palu, Donggala dan sekitarnya, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) telah membuat peta dari citra satelit Pleiades.

"Citra satelit sebelum dan sesudah gempa memperlihatkan kerusakan yang terjadi," kata Rokhis, Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh LAPAN kepada Kompas.com, Senin (01/10/2018).

Peta dari LAPAN ini menunjukkan bagaimana gempa dan tsunami akhir pekan lalu menghancurkan sejumlah kawasan tersebut.

Gambar tersebut dibuat dengan memperbandingkan citra satelit Pleiades pada 6 Juli 2018 milik LAPAN dengan milik International Disaster Charter yang diambil pada 30 September 2018.

Pleiades adalah satelit milik Perancis dengan resolusi spasial 60 cm.

LAPAN sendiri membuat dua perbandingan wilayah. Wilayah pertama adalah Perumnas Balaroa, salah satu kawasan pemukiman yang paling parah terdampak gempa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan yang kedua adalah kawasan Petobo. Wilayah ini merupakan area yang terdapat fenomena keluar semburan lumpur hitam akibat likuifaksi.

"Di dua wilayah tersebut terlihat rumah tidak hanya sekedar rusak namun amblas rata dengan tanah," tulis siaran pers LAPAN.

Perbadingan citra satelit tersebut juga menunjukkan perubahan garis pantai di area Talise hingga Donggala.

"Perbandingan dua citra satelit multi waktu tersebut juga dapat memperlihatkan bangunan sepanjang pantai Talise sampai Donggala banyak yang mengalami kerusakan karena diterjang gelombang tsunami," kata pihak LAPAN.

"Tsunami juga menyebabkan perubahan garis pantai," tambahnya.

LAPAN juga menyebut timnya akan membuat analisis lebih lanjut bekerja sama dengan pihak BNPB, ITB, dan Asian Institute of Technology (AIT) Thailand mengenai kerusakan akibat gempa.

Baca juga: Bersama Komunitas Internasional, LAPAN Bikin Peta Dampak Tsunami Palu

Citra satelit tunjukkan wilayah Petobo, Sulteng juga terdampak gempa Donggala Citra satelit tunjukkan wilayah Petobo, Sulteng juga terdampak gempa Donggala



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.