Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serial Gempa Donggala Sulteng, Ini Perkiraan Sumbernya

Kompas.com - 28/09/2018, 18:56 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Serial gempa terjadi di Sulawesi Tengah. Berdasarkan catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geosfisika (BMKG), total telah ada 5 gempa yang terjadi Kamis (28/9/2018) hari ini.

Peneliti kegempaan di Sulawesi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Dina Sarsito mengatakan, serial gempa yang terjadi kali ini mungkin memiliki mekanisme dan sumber yang lebih kompleks untuk diuraikan.

Dia mengungapkan, banyak gempa di Sulawesi selama ini terjadi dengan mekanisme strike slip dan bersumber dari aktivitas sesar Palu-Koro.

"Jadi mungkin saja gempa itu bersumber dari sesar Palu Koro," katanya ketika dihubungi Kompas.com, Kamis sore ini.

Baca juga: BERITA FOTO: Kondisi Terkini di Donggala Pasca-rangkaian Gempa

Meski demikian, dia mengungkapkan perlunya identifikasi sumber gempa lebih lanjut. Pasalnya, sejumlah gempa tercatat tidak bersumber dari sesar utama.

"Kejadian beberapa tahun lalu, pola strike slip tapi bukan bersumber dari sesar Palu Koro tetapi dari sumber yang hampir berdekatan. Baru terlihat saat identifikasi lapangan," urainya.

Identifikasi lapangan juga diperlukan sebab banyak sesar sekunder di Sulawesi Tengah hingga kini belum terpetakan dengan detail.

Sementara, Dina memperkirakan sumber gempa sedikit ke kiri dari sesar utama. "Pada persimpangan masuk ke arah Kalimantan Timur," katanya.

Wilayah "leher angsa" Sulawesi memang dikenal memiliki sistem geologi yang komples. Di sana, terdapat blok Toli-toli yang bergerak searah jarum jam, blok Sulawesi Barat yang bergerak berlawanan arah, dan tekanan dari Sulawesi Trench.

Baca juga: Gempa Donggala Sulsel Terasa hingga Kalimantan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com