Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Balon Tertusuk Jarum, Tubuh Belut Ini Mendadak Kempis

Kompas.com - 24/09/2018, 13:31 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah tim oseanografer bernama Nautilus baru-baru ini merekam pemandangan unik, seekor belut gulper muda yang melakukan akrobat.

"Pukulan besar! Tim Nautilus menemukan belut gulper (Eurypharynx pelecanoides) di Monumen Nasional Laut Papah?naumoku?kea, AS," tulis tim tersebut di situs Nautilus dikutip dari National Geographic, Jumat (21/09/2018).

Tapi akrobat yang dilakukan belut ini bukannya melompat atau jungkir balik, ia justru menampilkan reaksi seperti balon hitam yang kempis akibat tertusuk benda tajam.

Dalam video berdurasi 1 menit 31 detik tersebut, mula-mula terlihat makhluk yang mirip kecebong raksasa. Namun, tak lama, belut tersebut menampilkan bentuk seperti balon yang tertusuk jarum dan mengempis.

Sebelum berubah menjadi bentuk seperti pada belut pada umumnya, ia memperlihatkan mulutnya yang besar.

Apa yang dilakukan belut gulper ini bukan tanpa alasan. Mulutnya yang menggembung itu adalah cara untuk meraup mangsa yang jauh lebih besar.

Meski begitu, sebenarnya makanan favorit belut gulper adalah krustasea kecil. Sering kali krustasea kecil ini sulit ditemui, karenanya belut ini harus mengembangkan mulutnya mirip balon untuk menangkap ikan besar.

Selain menggembung, belut gulper juga dikenal dengan kemampuannya yang sering mendadak mengempiskan mulutnya dan berenang menjauh.

Belut gulper dalam video ini sendiri diperkirakan adalah belut muda. Itu karena ukurannya yang relatif kecil.

Baca juga: Belut Eropa Terancam Punah karena Tingginya Kadar Obat di Dalam Air

Sebagai informasi, belut gulper dewasa bisa mencapai ukuran 3 meter.

Sayangnya, masih belum banyak pengetahuan mengenai makhluk yang tinggal di kedalaman 2.000 meter ini. Terutama tentang mengapa ia senang mengembang dan tiba-tiba mengempis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com