Kompas.com - 24/09/2018, 12:32 WIB
Pada 2015, ilmuwan NASA memperingatkan lapisan es Larsen B di Antartika kemungkinan akan pecah menjadi ratusan gunung es sebelum akhir dekade ini. Pada 2015, ilmuwan NASA memperingatkan lapisan es Larsen B di Antartika kemungkinan akan pecah menjadi ratusan gunung es sebelum akhir dekade ini.

KOMPAS.com - Para pakar kembali memperingatkan bahanya kenaikan suhu global. Menurut mereka, kenaikan sebanyak 2 derajat Celcius saja bisa mencairkan beberapa bagian lapisan es terbesar di Bumi dan meningkatkan permukaan laut sebanyak beberapa meter.

Apalagi laju perubahan iklim lebih cepat dibandingkan upaya manusia untuk mengendalikannya. Untuk memprediksi penyebab Bumi yang menghangat, para ilmuwan mempelajari masa lalu gletser-gletser di Antartika timur.

Sebelum ini, perhatian para pakar iklim lebih dipusatkan pada lapisan-lapisan es di sebelah barat Antartika. Banyak di antara lapisan es itu berada di bawah permukaan laut dan menjadi penyumbang terbesar pencairan es di berbagai benua saat ini.

Tapi beberapa bagian Lapisan Es Antartika Timur merupakan yang terbesar di dunia dan mengandung sekitar separuh air tawar. Namun yang menjadi masalah, lapisan es ini juga terdapat di bawah permukaan laut sehingga rentan terdampak kenaikan suhu.

Sebuah studi yang diterbitkan hari Rabu (19/09) oleh jurnal Nature menganalisa lapisan-lapisan sedimen dari dasar laut yang terbentuk ketika Cekungan Subglasial Wilkes, di sebelah selatan Australia, mencair sekitar 125 ribu tahun lalu.

Para pakar mendapati bahwa kenaikan suhu 2 derajat Celcius saja bisa menyebabkan cekungan Wilkes mencair lagi.

"Ini pertama kalinya kita melihat bukti langsung bagaimana bagian lapisan es ini berubah dalam kondisi pemanasan yang cukup moderat dalam geologi masa lampau," kata David Wilson dari Imperial College dan pemimpin studi tersebut.

"Besarnya perubahan kali ini akan tergantung pada tingkat pemanasan, tapi pada tingkat 2 derajat Celcius saja sudah terlihat perubahan," imbuhnya.

Baca juga: Waspada, 4 Tahun Mendatang Suhu Bumi akan Lebih Panas

Tim itu mendapati bahwa apabila suhu global bertahan pada tingkat 2 C di atas tingkat pra-industri selama ratusan tahun, maka seluruh cekungan akan mencair. Dengan kata lain, hal ini menyebabkan tingkat permukaan laut global naik sebanyak empat meter.

Itu akan membahayakan negara-negara kepulauan kecil dan menyebabkan permukiman tepi pantai yang ditempati ratusan juta orang, jadi tidak layak ditinggali.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.