Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Memori Super, Perempuan Australia Ingat Sejak Berusia 12 Hari

Kompas.com - 18/09/2018, 17:35 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Editor

CANBERRA, KOMPAS.com - Bayangkan jika Anda bisa mengingat semua yang terjadi dalam hidup. Tak hanya yang indah, tapi juga yang mengerikan.

Mungkin hal ini bisa mempermudah atau juga memperumit hidup Anda. Inilah yang terjadi pada seorang perempuan Australia bernama Rebecca Sharrock.

Seperti beberapa orang tertentu, perempuan 28 tahun tersebut memiliki memori yang sangat luar biasa. Dia didiagnosa memiliki memori otobiografi yang sangat unggul (highly superior autobiographical memory, H-SAM).

Sekitar 60 orang di seluruh dunia telah diidentifikasi memiliki H-SAM.

Kebanyakan dari mereka dapat menjelaskan dengan sangat akurat apa yang mereka lakukan pada hampir semua tanggal tertentu, memberikan rincian termasuk apa yang mereka kenakan, apa yang ada di sekitar mereka dan emosi mereka pada saat itu.

Dengan kata lain, mereka memiliki memori yang super.

Secara alami, para ahli saraf ingin tahu bagaimana hal ini mungkin terjadi. Tapi yang terpenting, implikasi apa yang mungkin ada bagi kita semua, dalam hal meningkatkan ingatan kita.

Hal tersebut juga ingin diketahui oleh Profesor Gail Robinson, seorang ahli neuropsikologi klinis di Universitas Queensland.

Profesor Robinson telah bekerja dengan Sharrock untuk mencoba memahami bagaimana otaknya mengatur penyandian memori yang terperinci.

Tak Pernah Pudar

Sharrock dapat menggambarkan adegan saat dia masih bayi 12 hari - dan kemampuan ingatannya yang menakjubkan telah menjadi berkat dan kutukan.

Bagi banyak orang, ingatan akan hari yang sulit atau pertemuan yang menyakitkan memudar seiring berjalannya waktu. Tetapi bagi mereka yang memiliki H-SAM, ingatan itu bisa tetap segar seperti baru saja terjadi.

Baca juga: Kecemasan Bisa Tingkatkan Memori, tetapi Juga Bisa Mengganggunya

Selama bertahun-tahun, Sharrock berjuang dengan depresi, kecemasan dan insomnia, sambil bergulat dengan banjir kenangan negatif.

Sharrock menggambarkan solusi unik yang ia kembangkan saat dia berusia sembilan tahun.

"Saya menemukan bahwa saya akan tidur jika membaca Harry Potter, tetapi saya harus membuka mata untuk membaca buku-buku itu," katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com