Fosil Burung Raksasa Ini Beri Petunjuk Manusia Awal di Madagaskar

Kompas.com - 13/09/2018, 19:34 WIB
Temuan ini mengungkapkan kapan pertama kali manusia tiba di Madagaskar lebih jauh dari yang kita kira. (Science News/KOMPAS.com) Temuan ini mengungkapkan kapan pertama kali manusia tiba di Madagaskar lebih jauh dari yang kita kira. (Science News/KOMPAS.com)

KOMPAS.com – Selama bertahun-tahun para arkeolog telah bergulat dengan pertanyaan tentang kapan manusia pertama kali datang di Madagaskar.

Pada penelitian sebelumnya, dikatakan bahwa manusia menempati pulau Madagaskar pertama kali pada 2500 hingga 4000 tahun yang lalu. Namun, pernyataan tersebut kini mendapat bantahan.

James Hansford dan koleganya dari Zoological Society of London telah menemukan bukti keberadaan manusia di Madagaskar jauh lebih lama dari yang kita perkirakan.

Hal ini ditunjukkan melalui temuan tulang burung gajah, nenek moyang burung unta, yang telah berusia 10.000 tahun. Melalui tulang ini, para peneliti menemukan bekas goresan yang ditinggalkan oleh manusia saat memotong daging burung terbesar pada zamannya tersebut.

"Tidak ada proses erosi alami yang bisa membuat tanda ini," ungkap Hansford dikutip dari News Week, Kamis (13/09/2018).

"Penggunaan alat pada tulang yang masih segar meninggalkan bekas yang sangat jelas seperti saat memotong daging atau ketika alat besar memotong ligamen dan tendon untuk mematahkan anggota badan," imbuhnya.

Hansford dan timnya menemukan tulang ini satu dekade lalu di Sungai Natal selatan Madagaskar bersamaan ketika mereka menemukan situs baru di wilayah yang sama.

Situs arkeologi tersebut kaya dengan peninggalan binatang raksasa kuno. Bukan hanya burung gajah, salah satu fosil yang ditemukan adalah milik kuda nil dan buaya yang hidup 10.000 tahun lalu.