Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara Bagian AS Pakai Pesawat untuk Bikin Hujan Ikan, Buat Apa?

Kompas.com - 05/09/2018, 08:07 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Jika Anda sedang berkunjung ke Utah, mungkin Anda akan mendapati pemandangan mencengangkan: ribuan ikan jatuh dari langit.

Ini bukan bercanda. Disebut “extreme fish stocking” (penyetokan ikan ekstrem), pemerintah negara bagian Amerika Serikat tersebut memang sengaja membuat hujan ikan untuk mengembalikan populasi trout (nama umum untuk genus Oncorhynchus, Salmo dan Salvelinus) di Utah.

Perlu Anda ketahui, Utah adalah salah satu lokasi terbaik untuk memancing trout di danau pegunungan. Namun untuk mengimbangi jumlah ikan yang dipancing, pemerintah Utah harus mengisi ulang ikan di daerah ini.

Pada masa lalu, Utah melakukan pengisian ulang dengan membawa bertong-tong ikan menggunakan kuda ke sekitar 200 danau yang tersebar di Utah.

Baca juga: Suhu Ekstrem Panggang Lebih dari 2.000 Ikan di Pantai Malibu, AS

Namun, kini lebih mudah bagi Utah untuk membawa ikan-ikan itu di pesawat dan menjatuhkannya dari udara.

Melalui akun resminya di Twitter, Divisi Sumber Daya Alam Liar Utah (DWR) mengunggah video penyetokan ikan ekstrem tersebut.

“Fakta menarik, kami menyetok kebanyakan danau pegunungan Utah dari udara. Ikan-ikan ini sangat kecil – panjangnya antara 1-3 inci (sekitar 2,5-7,5 sentimeter) - sehingga 95 persen dari mereka selamat ketika dijatuhkan,” tulis mereka.

Di alam pun, ikan-ikan ini mampu mengarungi air terjun dan terus melanjutkan hidup. Para pakar bahkan memprediksikan bahwa 90 persen ikan mampu selamat setelah terjun di Niagara yang ketinggiannya 50 meter.

Untuk ikan-ikan tersebut, metode ini juga lebih menyenangkan daripada melalui perjalanan darat yang butuh waktu berhari-hari.

Setiap selesai melakukan penyetokan ikan ekstrem, DWR juga akan menjaring danau untuk mengetahui apakah jumlah ikan yang selamat sesuai dengan perkiraan mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com