Kompas.com - 22/08/2018, 17:32 WIB


KOMPAS.com - Siapa yang tidak familiar dengan permainan batu-gunting-kertas? Rasanya, kita semua pernah melakukan permainan yang juga dikenal dengan suit Jepang tersebut.

Permainan suit Jepang ini sebenarnya tidak hanya dilakukan oleh manusia. Sebuah studi yang dipublikasikan jurnal Primates menunjukkan, simpanse dapat melakukan permainan batu-gunting-kertas.

Bahkan, tingkat pemahaman dan keterampilan yang dimiliki simpanse sama seperti anak kecil pada umumnya.

Baca juga: Siapa Sangka, Masalah Kejiwaan Manusia dapat Dijelaskan oleh Simpanse

Selama ini peneliti mencari tahu seberapa baik simpanse dapat mempelajari hubungan melingkar yang sederhana, dan cara menggunakan gerakan tangan yang sederhana pula.

Jie Gao, peneliti dari Kyoto Uniersity dan Peking University, menyimpulkan bahwa simpanse memerlukan waktu yang lebih lama daripada manusia untuk memahami dan memainkan sebuah permainan. Meski begitu, tingkat keterampilan simpanse setara dengan anak berusia empat tahun.

Peneliti kemudian ingin mengetahui apakah simpanse dapat memahami pola-pola rumit seperti manusia. Menurut peneliti, hubungan nonlinier antara tiga sinyal tangan yang berbeda adalah cara sempurna untuk mengukur kemampuan simpanse tersebut.

Ternyata, mempelajari batu-gunting-kertas membutuhkan peningkatan kapasitas mental bagi simpanse.

Hal tersebut sangat diperlukan untuk membentuk jaringan hubungan yang lebih rumit, pemecahan masalah, dan menambah pengetahuan tentang subjek.

Menggunakan komputer layar sentuh, peneliti berhasil mengajarkan simpanse pola melingkar dalam permainan.

Setelah melihat pasangan gambar dan pola yang tepat, para simpanse kemudian diminta memilih jawaban yang benar sesuai yang telah diajarkan. Hasilnya, lima dari tujuh simpanse yang diuji mampu menyelesaikan pelatihan setelah 307 sesi.

Baca juga: 3 Juta Tahun Lalu, Kaki Moyang Manusia Lebih Mirip Simpanse

Jika dibandingkan dengan anak usia prasekolah, peneliti mengungkapkan bahwa anak-anak hanya membutuhkan sekitar lima sesi rata-rata untuk memahami permainan.

Jadi, meskipun simpanse membutuhkan waktu yang lebih lama, tetapi kemampuan mereka bisa setara dengan anak-anak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.