Kompas.com - 12/07/2018, 07:07 WIB

KOMPAS.comSimpanse adalah hewan yang memiliki kedekatan dengan manusia. Namun, gagasan tentang adanya kemungkinan simpanse memiliki kepribadian yang sama seperti manusia sebenarnya tidak begitu populer hingga akhir tahun 1990-an.

Baru akhir-akhir ini saja, diketahui bahwa simpanse ternyata dapat menjadi pribadi yang menyenangkan, neurotik, empatik, bahkan psikopatik karena struktur otak mereka.

Temuan ini diharapkan dapat membantu kita memperoleh pemahaman lebih tentang sakit kejiwaan pada manusia.

Penelitian mengenai kepribadian simpanse dan struktur otak mereka digagas oleh Georgia State University di Amerika Serikat.

Baca juga: 3 Juta Tahun Lalu, Kaki Moyang Manusia Lebih Mirip Simpanse

Idenya adalah kepribadian simpanse berkembang tidak hanya karena faktor genetik dan saraf, tetapi juga dibentuk oleh faktor sosial dan budaya. Hal ini membuat simpanse menjadi sampel yang tepat untuk melihat bagaimana biologi memengaruhi kepribadian.

Tim peneliti melakukan penelitian dengan melihat data pencitraan otak dan kepribadian pada 191 simpanse di penangkaran. Secara spesifik, mereka berfokus pada bagaimana kepribadian dikaitkan dengan dua struktur otak, amigdala dan hipokampus.

Amigdala sendiri adalah bagian pada otak yang dalam pengolahan reaksi emosi, sedangkan hipokampus berperan dalam proses mengingat.

Hasilnya, peneliti menemukan tidak adanya korelasi antara kepribadian dan amigdala.