Kompas.com - 12/07/2018, 07:07 WIB

KOMPAS.comSimpanse adalah hewan yang memiliki kedekatan dengan manusia. Namun, gagasan tentang adanya kemungkinan simpanse memiliki kepribadian yang sama seperti manusia sebenarnya tidak begitu populer hingga akhir tahun 1990-an.

Baru akhir-akhir ini saja, diketahui bahwa simpanse ternyata dapat menjadi pribadi yang menyenangkan, neurotik, empatik, bahkan psikopatik karena struktur otak mereka.

Temuan ini diharapkan dapat membantu kita memperoleh pemahaman lebih tentang sakit kejiwaan pada manusia.

Penelitian mengenai kepribadian simpanse dan struktur otak mereka digagas oleh Georgia State University di Amerika Serikat.

Baca juga: 3 Juta Tahun Lalu, Kaki Moyang Manusia Lebih Mirip Simpanse

Idenya adalah kepribadian simpanse berkembang tidak hanya karena faktor genetik dan saraf, tetapi juga dibentuk oleh faktor sosial dan budaya. Hal ini membuat simpanse menjadi sampel yang tepat untuk melihat bagaimana biologi memengaruhi kepribadian.

Tim peneliti melakukan penelitian dengan melihat data pencitraan otak dan kepribadian pada 191 simpanse di penangkaran. Secara spesifik, mereka berfokus pada bagaimana kepribadian dikaitkan dengan dua struktur otak, amigdala dan hipokampus.

Amigdala sendiri adalah bagian pada otak yang dalam pengolahan reaksi emosi, sedangkan hipokampus berperan dalam proses mengingat.

Hasilnya, peneliti menemukan tidak adanya korelasi antara kepribadian dan amigdala.

Baca juga: Bisakah Orang yang Suka Pura-pura Sakit Disebut Alami Gangguan Jiwa?

“Satu penjelasan yang potensial, adalah fungsi amigdala lebih penting (dalam tingkatan emosi) ketimbang pada struktur khususnya kepribadian,” ungkap Robert D. Latzman salah satu peneliti.

Namun, peneliti menemukan sesuatu yang menarik ketika melihat adanya hubungan antara kepribadian dan hipokampus.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.