Inilah Seniman Terkecil di Dunia, Bakteri Ciptakan Lukisan Mona Lisa

Kompas.com - 18/08/2018, 10:08 WIB
Lukisan Mona Lisa oleh bakteri E Coli Frangipane et al/eLife2018Lukisan Mona Lisa oleh bakteri E Coli

KOMPAS.com — Anda mungkin sulit untuk memercayainya, tetapi lukisan Mona Lisa ini tidak dibuat oleh manusia, melainkan bakteri Escherichia coli.

Para peneliti Italia tidak memodifikasi bakteri E coli hanya untuk bersenang-senang atau menjiplak karya seni ternama dunia.

Tujuan mereka yang sebenarnya adalah mencoba untuk menggabungkan berbagai atribut yang berbeda dalam upaya mengontrol populasi bakteri. Siapa tahu teknologi ini kemudian bisa dikembangkan menjadi alat transportasi mikroskopis atau printer tiga dimensi.

Salah satu penulis studi, Roberto di Leonardo dari Sapiezna University of Roma, mengatakan kepada Gizmodo, Kamis (16/8/2018), hal ini merupakan bukti konsep yang sangat menarik untuk mencoba menggunakan bakteri sebagai bata dan membangun struktur berskala mikro dengan biaya murah dan mudah.