Kompas.com - 17/08/2018, 21:00 WIB
Foto letusan gunung Redoubt R. Clucas/WikipediaFoto letusan gunung Redoubt

KOMPAS.com – Dalam 4000 tahun terakhir, sebuah letusan gunung berapi besar pernah terjadi. Dari letusan tersebut, peradaban Minoa (wilayah dekat Yunani) di sekitarnya menjadi luluh lantak.

Letusan ini  juga diketahui sebagai salah satu peristiwa gunung berapi terbesar di Bumi yang bahkan dampaknya terasa hingga Turki dan Mesir.

Dikutip dari The Independent, Kamis (16/08/2018), ledakan tersebut mengubur peradaban Minoa ke dalam abu dan bebatuan sedalam 40 meter.

Tak hanya itu, bencana tersebut juga menghancurkan sebagian besar Mesir kuno dengan badai hujan besar seperti yang digambarkan dalam Prasasti Tempest of Ahmose I.

Namun, meski terdapat banyak bukti tentang adanya peristiwa ini, penentuan secara persis waktu terjadinya peristiwa ini bukanlah hal yang mudah.

Para arkeolog dan ilmuwan telah menyatukan waktu dari catatan tertulis, fragmen tembikar, dan penanggalan radiokarbon dari material tanaman yang tersimpan di bawah abu namun tetap tidak menemui jalan keluarnya.

Profesor Charlotte Pearson dari University of Arizona berusaha untuk memecahkan teka-teki ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pearson dan timnya menggunakan penanggalan radiokarbon dari cincin tahunan pohon yang telah hidup pada waktu letusan itu terjadi.

Cara ini diyakini dapat memungkinkan mereka untuk mengerucutkan penanggalan peristiwa itu.

"Apa yang bisa kita katakan sekarang adalah bahwa bukti radiokarbon kompatibel dengan bukti arkeologi untuk erupsi Thera pada abad ke-16 sebelum masehi," ungkap Pearson.

Baca juga: Berjuluk Pohon Kematian, Inilah Pohon Paling Beracun di Dunia

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.