Masa Depan Tiba, Ilmuwan Transplantasikan Paru-paru Buatan ke Babi

Kompas.com - 03/08/2018, 08:09 WIB

KOMPAS.com – Hingga saat ini, transplantasi organ masih mengalami banyak kendala. Salah satu masalah terbesarnya adalah jumlah pendonor yang jauh lebih kecil dari penerima. Padahal, jumlah penerima organ donor selalu meningkat dari tahun ke tahun.

Di tengah isu ini, organ buatan muncul sebagai harapan baru. Rabu kemarin (1/8/2018), para ilmuwan mengumumkan telah berhasil mentransplantasikan paru-paru buatan ke babi.

Dalam jurnal Science Translational Medicine, para peneliti dari University of Texas Medical Branch memaparkan bagaimana mereka melakukan hal itu.

Pertama, mereka menciptakan empat rangka paru-paru untuk menumbuhkan paru-paru buatan. Caranya dengan menghilangkan seluruh sel dan darah dari paru-paru babi menggunakan campuran gula dan deterjen, dan meninggalkan protein yang merupakan rangkanya saja.