Kompas.com - 24/06/2018, 10:06 WIB
Para ilmuwan telah menghasilkan babi yang kebal dengan virus - disebut Porcine Reproductive and Respiratory Syndrome, atau PRRS.  Hewan-hewan ini tidak menunjukkan tanda-tanda bahwa perubahan dalam DNA mereka memiliki dampak lain pada kesehatan atau kesejahteraan mereka.
Para ilmuwan telah menghasilkan babi yang kebal dengan virus - disebut Porcine Reproductive and Respiratory Syndrome, atau PRRS. Hewan-hewan ini tidak menunjukkan tanda-tanda bahwa perubahan dalam DNA mereka memiliki dampak lain pada kesehatan atau kesejahteraan mereka.

KOMPAS.com - Para ahli berhasil melakukan rekayasa genetika pada babi yang membuatnya kebal terhadap virus mematikan.

Porcine Reproductive and Respiratory Syndrome (PRRS) adalah virus yang menyebabkan masalah pernapasan pada babi-babi usia muda. Penyakit ini bisa berujung pada kematian.

Jika induk babi di dalam kandang pembiakan bayi babi terinfeksi virus ini, maka itu berarti bencana bagi para peternak babi.

Virus ini menginfeksi babi melalui reseptor yang ada di selaput permukaan sel virus, yang disebut CD163.

Para peneliti dari Universitas Edinburgh melakukan rekayasa genetika untuk menghilangkan sebagian kecil dari gen CD163 tersebut dengan mengamati lokasi di mana virus tersebut menempel, serta mengamati sisa-sisa molekul yang masih utuh.