Kompas.com - 16/07/2018, 20:35 WIB

KOMPAS.com – Banyak orang beranggapan bahwa tubuh yang bugar seperti olahragawan akan terhindar dari penyakit influenza. Sayangnya, anggapan tersebut salah.

Dokter Iris Rengganis, SpPD-KAI dari Satgas Imunisasi Dewasa berkata bahwa influenza adalah penyakit saluran nafas akut mudah menular yang disebabkan oleh virus influenza yang tersebar di seluruh dunia.

Virus influenza tidak pandang bulu dan bisa menyerang siapa saja, termasuk yang baik kesehatan fisiknya dan rajin berolahraga seperti atlet.

“Apalagi kalau atlet latihan terus. Meskipun waktu istirahatnya bisa diatur, kalau daya tahannya lemah ya bisa saja (terkena influenza),” jelasnya saat ditemui pada kegiatan Vaksinasi Influenza bagi Atlet Indonesia, Senin, (16/7/2018).

Baca juga: Sudah Vaksin Influenza, Kok Masih Batuk dan Pilek?

 

Untuk mencegah hal ini, vaksin influenza perlu diberikan setiap tahun sebagai pencegahan primer. Jangka waktu tersebut karena virus ini terus bermutasi di luar tubuh sehingga imunitas yang didapat melalui vaksin influenza hanya bertahan selama satu tahun.

Selain itu, bila influenza di luar negeri biasanya menyerang di musim dingin, influenza di Indonesia bisa menyerang sepanjang tahun.

Perlu diingat juga bahwa efektivitas vaksinasi bergantung pada kemiripan galur dengan virus yang beredar, dan usia individu yang diimunisasi. Imunisasi influenza efektif melindungi tubuh hingga 90 persen hanya pada usia di bawah 65 tahun.

Oleh karena itu, vaksinasi juga harus dilengkapi dengan pencegahan sekunder.

“Yang (pencegahan) sekundernya, pakai masker, cuci tangan yang bersih, vitamin C. Itu sehari-hari yang harus kita lakukan,” ungkap Iris. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.